Ini 5 Titik Pos Pelayanan Kesehatan Saat Mudik di Riau

Jumat, 16 Juni 2017 11:21

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Perusahaan jasa angkutan kini mulai disibukkan dengan arus mudik. Pemerintah tengah bersiap-siap memperbaiki infrastruktur. Namun demikian, musibah kecelakaan dan lainnya di luar kuasa siapapun. Perlu ada persiapan matang bagi pemerintah untuk mengantisipasi hal semacam itu. 

Dinas Kesehatan Provinsi Riau buka posko pelayanan kesehatan untuk mengatisipasi hal itu. Pos pelayanan kesehatan ini menyatu dengan posko mudik terpadu (kepolisian, Jasaraharja dan Dishub) 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir mengatakan pelayanan kesehatan itu akan dibuka 24 jam. Ada Puskesmas dan rumah sakit di sepanjang jalur mudik dan tempat wisata. 

Lokasinya, kata dia, yakni di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Pelabuhan Sungai Duku, Pelabuhan Tanjung Buton, Pelabuhan Selat Panjang dan Pelabuhan Siak. 

Baca: Ayo Donor Buku di Komunitas Pondok Belantara

“Untuk di Bandara SSK II dan pelabuhan akan ditangani oleh kantor kesehatan pelabuhan,” katanya, Jumat (16/6/2017). 

Baca: Dishub: di Riau, ada 101 Posko Mudik Didirikan

Posko kesehatan itu mulai aktif untuk di pelabuhan pada H minus 14 sampai H plus 14. Di Bandara SSK II mulai aktif H minus 7 sampai dengan H plus 7. Jumlah petugas ada 7 dokter, 15 perawat, 3 supir ambulance. Untuk sarana dan prasarananya, ada ruang periksa, emergensi kit, ambulans dan obat-obatan. 

“BPJS memberikan kemudahan kepada peserta BPJS yang mudik dari tanggal 19 Juni sampai dengan 2 Juli untuk dapat berobat langsung ke IGD RS tanpa rujukan dengan ketentuan kartu masih aktif dan tidak ada tunggakan pembayaran,” tambahnya. (bpc3)