Dihadapan Musda Asita, Wabub Paparkan Potensi Wisata Siak

Selasa, 16 Februari 2016 17:37

BERTUAHPOS.COM(BPC), PEKANBARU – Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, Selasa 16 Februari 2016 dipremiere hotel pekanbaru, berkesempatan memaparkan berbagai potensi wisata yang ada di Kaupaten Siak, dihadapan peserta Musyawarah Daerah (Musda) ke VI Association of Indonesian Tours & Travel Agncies (ASITA) Riau.

Alfendri dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa pengembangan wisata memang merupakan salah satu program kerja andalan yang disusun dirinya bersama Bupati pada tahun ini, karena memang, jika harus terus mengandalkan sektor Migas, tidak mungkin dilakukan mengingat kondisi harga minyak dunia yang terus menurun hingga saat ini.

Alfedri pada kesempatan itu memaparkan beberapa potensi wisata yang bisa diandalkan di Kabupaten Siak, seperti wisata mengenal sejarah Kerajaan Siak yakni Istana Siak Sri Indrapura, Kabupaten ini memiliki beberapa bangunan bersejarah yang pada umumnya saat ini berfungsi sebagai perkantoran, tempat tinggal, penginapan dan toko oleh penduduk Siak.

 Sejarah kesultanan Siak yang cukup panjang telah meninggalkan warisan peradaban Melayu yang mengagumkan yang dapat dibanggakan oleh Bangsa Indonesia.

Baca: Pemprov Riau Enggan Libatkan Swasta Kelola Fasilitas Sarana Olahraga

“Selain itu ada juga jembatan Siak yang berdiri megah, untuk wisata religi ada Masjid Syahbuddin. merupakan masjid Kerajaan Siak. Masjid ini ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Kasim I dengan ukuran 21.6 x 18.5 meter. Bangunan ini telah mengalami perbaikan beberapa kali namun masih tetap mempertahankan bentuk aslinya,” jelas Alfedri. 

Selain itu, Alfedri juga menyebut masih banyak potensi-potensi wisata di kabupaten Siak yang patut dan layak dijadikan sebagai tempat kunjungan bagi wisatawan, seperti Makam Sultan Kasim II, wisata alam Danau Zamrud, pealtihan gajah dan lain sebagainya.

“Disini kami minta dukungan berbagai pihak terutama ASITA, untuk bisa mempromosikan berbagai objek wisata ini, sehingga ini akan mampu menambah PAD Kabupaten Siak, dan tentunya akan memberi keutungan bagi pengusaha Tour & Travel,” ungkapnya berharap.(rls)