Satpol PP Pekanbaru Kekurangan Personil dan Kendaraan Operasional

Selasa, 16 Februari 2016 17:40
Satpol PP Pekanbaru Kekurangan Personil dan Kendaraan Operasional

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan salah satu perangkat daerah yang bertugas untuk penegak peraturan daerah, ternyata masih banyak kekurangan yang cukup berarti.

Kepala Badan Satpol PP Pekanbaru Zulfahmi Adrian mengatakan bahwa saat ini pihak membutuhkan 10 mobil patroli dan dua truk operasional. Namun, Dana Alokasi Khusus (DAK) yang didapat dari pemerintah pusat hanya cukup untuk membeli satu unik mobil patroli.

“Kami sudah mengajukan untuk pembangunan gedung baru saja sebesar Rp7 miliar. Yang kita dapat hanya untuk kendaraan dan alat komunikasi saja. DAK yang diterima jauh dari yang telah kita ajukan,” katanya Selasa (16/2/2016).

Dirinya menceritakan, untuk saat ini Satpol PP banyak mengalami kekurangan sarana penunjang. Menurut Zulfahmi, yang dibutuhkan saat ini adalah truk Satpol PP masih butuh dua unit dan mobil patroli lima sampai 10 lagi.

Baca: Siap-siap, Assessment Pejabat Pemprov Riau Sebentar Lagi Dibuka

“Di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah karena dana kita terbatas, kita fullkan untuk tugas-tugas rutin. Maka, kesempatan bagi Satpol PP untuk mengambil kesempatan di DAK yang disalurkan pusat untuk melengkapi kekurangan prasarana,” terang Zulfahmi.

Rencananya, untuk meminta kekurangan yang ada saat ini, Satpol PP Pekanbaru kembali akan mengajukan tahun depan. “Tahun ini di provinsi Riau hanya dua dapat Kampar dan Pekanbaru. Ini pertama juga kali menerima. Petunjuk teknis kita sudah terima,” tutupnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Zulfahmi telah berbicara terkait kekurangan personil yang sampai saat ini belum ada realisasi dari Pemko Pekanbaru. “Memang disatu sisi kita dituntut untuk melakukan penegakan perda yang ada di Pekanbaru, kekurangan personil , sarana prasaran dan biaya memang menjadi tantangan. Tapi ya kita harus mengoptimalkan apa yang ada saat ini,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga saat ini tengah meminta kepada Pemko Pekanbaru untuk melakukan penambahan personil Satpol PP Pekanbaru sebanyak 200 orang.  Selain itu, untuk penambahan personil tersebut juga harus sepengetahuan DPRD.

“Tahun lalu memang kita tidak jadi melakukan perekrutan untuk penambahan personil. Kita sudah beri tahu juga kepada Pemko dan DPRD untuk menambah personil kita 200 orang lagi. Kita tunggu saja nanti perkembangannya,” tutupnya. (iqbal)