Bupati Siak Terima Penghargaan Bhakti Kopersi dan UKM dari Menteri

Senin, 15 Juli 2013 09:25
BERTUAHPOS, SIAK – Bupati Siak Syamsuar, menerima penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM dari Menteri Koperasi dan UKM. Penyerahan penghargaan dilakukan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada penerima yang ditunjuk secara simbolis oleh Menteri Koperasi dan UMKM RI pada Puncak Peringatan Hari Koperasi ke 66 di Halaman Bumi Gora, Kantor Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat.
 
Syamsuar menyampaikan usai penyerahan bahwa, dirinya akan menjadikan penghargaan bakti koperasi tersebut sebagai motivasi untuk meningkatkan dan menggiatkan koperasi di tengah-tengah masyarakat Siak, terutama dalam hal meningkatkan kualitas koperasi yang ada, dengan melakukan penyesuaian dengan Undang- Undang Koperasi yang baru.
 
Bupati Syamsuar berharap, dengan Undang-Undang Koperasi yang baru, dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam meningkatkan usaha-usaha kecil, sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat secara merata.
 
Selain itu, dengan peringatan hari koperasi ia ingin, koperasi di Siak dapat lebih maju lagi dan dimasa mendatang akan tumbuh usaha-usaha yang dapat menggerakan pertumbuhan ekonomi yang baik di kabupaten Siak.
 
Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada insan Koperasi dan seluruh masyarakat Kabupaten Siak atas peran aktifnya dalam memajukan Koperasi dan UKM, sehingga mendapatkan penghargaan bhakti Koperasi.
 
“Penghargaan ini diberikan karena dukungan dan kebersamaan insan Koperasi dan masyarakat Kabupaten Siak,dan menjadikan penghargaan bakti koperasi tersebut sebagai motivasi untuk meningkatkan dan menggiatkan koperasi di tengah-tengah masyarakat Siak,” ujar Bupati Syamsuar.
 
Sementara itu, Kadis Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Siak, Wan Bukhori, mengatakan bahwa, penghargaan tersebut diberikan karena Bupati Siak dinilai telah berhasil mengembangkan koperasi dan UKM, serta dinilai mampu memberdayakan ekonomi kerakyatan, berdasarkan kajian dari pihak Kementerian Koperasi dan UKM.
 
Ia juga mengungkapkan bahwa,KUD Jaya Makmur Desa Kumbara Utama Kecamatan Kerinci Kanan terpilih sebagai koperasi terbaik di Kabupaten Siak, dan ikut serta dengan rombongan Bupati ke NTB untuk menerima penghargaan sebagai Koperasi Berprestasi Tahun 2013.
 
Menurutnya, dipilihnya KUD Jaya Makmur, karena pelayanan koperasi tersebut terhadap masyarakat dan audit keuangan dilakukan terhadap koperasi secara transparan melalui tenaga independen.
 
Selain itu, koperasi tersebut merupakan koperasi yang terbesar di kabupaten Siak dengan perputaran uang mencapai Rp 2 miliar lebih per bulannya. Koperasi tersebut memiliki dua bidang kegiatan, yakni simpan pinjam, dan perdagangan.
 
(riau.go.id)