BPS Targetkan Sensus Online 2020 Capai Generasi Milenial

Jumat, 29 Mei 2020 14:33
BPS Targetkan Sensus Online 2020 Capai Generasi Milenial

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Riau, Ahmad Azhari mengatakan pihaknya secara spesifik pihaknya ingin menjangkau generasi milenial untuk sensos online 2020.

“Karena generasi milineal sudah akrab dengan pendaftaran online. 2030, baru kita targetkan online secara keseluruhan,” kata dia dalam suatu kesempatan kepada bertuahpos.com.

Dilanjutkan Azhari, BPS juga menargetkan 30 persen penduduk disensus secara online pada sensus 2020 ini.

“Negara lain seperti Malaysia itu sudah menerapkan sensus online. Nah, kita juga targetkan 30 persen sensus online,” tambah dia.

Baca: PNS yang Tambah Libur Bakal Kena Sanksi

Dilanjutkan Azhari, pada sensus penduduk 2010 lalu masih dilakukan tradisional dan manual, pada 2020 ini akan mulai dilakukan secara online. Memang tak keseluruhannya online, namun dia menargetkan 30 persen penduduk disensus secara online.

“Kalau masih tradisional di lapangan, maka kita masih setara dengan negara-negara di Afrika,” tambah Azhari.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2020 ini, Badan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia akan melakukan sensus penduduk. Sensus ini dilakukan secara berkala 10 tahun sekali.

Uniknya, pada 2020 ini, tak hanya Indonesia saja yang akan melakukan sensus penduduk. Ada 54 negara di dunia yang secara bersamaan dengan Indonesia akan melakukan sensus penduduk. (bpc2)