Azwan: Dilematisme Sekolah Libur di Pekanbaru

Rabu, 12 Maret 2014 18:36
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Keputusan untuk meliburkan sekolah karena efek kabut asap menjadi keputusan yang dilematis. Pasalnya, Pemko Pekanbaru tidak bisa menentukan batas waktu libut dan apakah anak yang libur, dijamin tidak keluar rumah.  

“Memang ada dilematisme meliburkan anak sekolah. Tidak jelas sampai kapan liburnya. Anak-anak juga agak sulit dikontrol, apakah dengan libur anak-anak tidak keluar rumah,” tanya Plt Ketua Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pekanbaru, Azwan bingung, saat ditemui bertuahpos.com, Selasa (12/03/2014) di kantornya. 

Untuk itu, Azwan meminta agar ada komitmen dari semua pihak terkait. Terutama komitmen dinas Pendidikan agar tetap melakukan komunikasi dengan orang tua murid untuk mengontrol anaknya agar tidak keluar rumah.

Selain itu, dirinya juga menyayangkan dari sisi proses belajar. Selama diliburkan harus ada interaksi dari pihak guru-guru untuk memberikan tugas kepada murid supaya tetap fokus belajar di rumah.

Baca: Catatan Sejarah 12 Mei: Tragedi Trisakti

“Guru-guru harus tetap beri tugas kepada anak didiknya agar sewaktu libur  tidak keluar rumah,” pinta pria yang juga aktif di administrasi umum Pemko Pekanbaru ini.

Hal lain yang menjadi dilematis baginya adalah sebentar lagi akan ada ujian kenaikan kelas atau ujian try out bagi siswa yang kelas tiga. “Ini sangat dilematis saya rasa, mudah-mudahan dengan upaya pemerintah masalah ini segera diselaikan dan kondisi bisa normal kembali,” harapnya. (syawal)