Lawan Pencaplokan Tepi Barat, Fatah dan Hamas Bersatu

Jumat, 03 Juli 2020 12:07
Lawan Pencaplokan Tepi Barat, Fatah dan Hamas Bersatu
Foto: Klalil Anda/AP

BERTUAHPOS.COM — Pencaplokan wilayah Tepi Barat yang dilakukan oleh Israel telah membuat semua negara geram. Termasuklah Fatah dan Hamas yang sudah mendeklarasikan untuk bersatu melawan Israel.

Pejabat senior dari kedua belah pihak telah melakukan konferensi pers bersama dan ini sangat jarang terjadi.

Advertisement

Mereka akan mengupayakan semua langkah yang dibutuhkan untuk memastikan persatuan nasional akan terjalin sebagai bentuk perlawanan terhadap Israel atas pencaplokan wilayah Tepi Barat.

“Kami akan memberlakukan semua langkah yang diperlukan untuk memastikan persatuan nasional dalam upaya menentang pencaplokan (Tepi Barat),” ujar pejabat senior Fatah Jibril Rajub dalam konferensi pers di Ramallah dikutip laman Al Araby.

Baca: Pemerintah, Korporasi dan Cukong Bertanggungjawab Atas Kematian Pratu Wahyudi

Saleh al-Arouri, seorang pejabat Hamas mengatakan partisipasi mereka dalam melawan Israel merupakan sikap perjuangan. “Hari ini kami ingin berbicara dengan satu suara,” ujarnya menyambut pernyataan Rajub.

Arouri sangat menyambut konferensi pers bersama tersebut. Dia menggambarkan konferensi itu sebagai kesempatan untuk memulai fase baru antara Hamas dan Fatah yang akan menjadi layanan strategis bagi rakyat Palestina.

Diketahui sebelumnya dalam aneksasi masa depan Israel menyatakan akan mengelola 30% dari wilayah Tepi Barat. Langkah ini mendapat dukungan dari AS meskipun ratusan negara di dunia menolaknya.

Bagi Israel setiap jengkal tanah sangat penting bagi mereka karena mereka tak bisa bermukim di negara lain. Namun tanah-tanah yang diserobot telah membuat banyak manusia di Palestina menderita. (bpc2)