Pentingnya Menjaga Salat Wajib Berjamaah

Jumat, 21 April 2017 14:30
Pentingnya Menjaga Salat Wajib Berjamaah
Salat Berjamaah (ilustrasi net)

BERTUAHPOS.COM (BPC), BAGANSIAPIAPI - Salat merupakan salah satu rukun di dalam Islam dan kewajiban bagi setiap muslim untuk menjalankannya.

Di dalam salat sendiri begitu banyak nilai dan makna yang terkandung di dalamnya, yang tentunya akan berguna bagi kehidupan manusia baik di dunia terutama di akhirat. Tentunya akan sangat merugi bagi mereka yang dengan lalai ataupun sengaja meninggalkan kewajiban salat, yang mana ancamannya yaitu berupa siksa yang pedih di neraka Saqar.

Dalam ceramah Jumat yang disampaikan oleh ustad Bachtiar Ahmad di Masjid Al-Khairiyah di Jalan Madrasah Bagansiapiapi, beliau menghimbau tentang pentingnya pelaksanaan salat wajib berjamaah terutama bagi kaum pria.

"Penting bagi seorang pria muslim untuk melaksanakan kewajiban salat 5 waktu berjamaah di masjid, selain itu begitu banyak keutamaan salat berjamaah yang salah satunya memiliki keutaman 27 kali lebih baik dari salat sendiri," ujarnya, Jumat (21/4/2017).

Baca: Ustad Abu Bakar: Basuh Hati Biar Tidak Sakit

Lebih lanjut ustad Bachtiar menyebut bahwa banyak hadis yang menyatakan mengenai salat wajib berjamaah di masjid. Salah satunya bahkan menyebutkan sebagai kewajiban yang akan berdosa jika ditinggalkan. Kemudian ada yang menyebutkan bahwa salat jamaah adalah sunah. Namun yang paling banyak dari pendapat ulama menyatakan bahwa salat berjamaah di masjid merupakan Sunnah Muakad atau sunah yang sangat dipentingkan.

Ustaz Bachtiar juga menyebutkan bahwa Rasulullah S.A.W pernah sangat marah ketika mengetahui keadaan masjid yang dijadikannya sebagai tempat shalat berjamaah kosong, sehingga Rasulullah memerintahkan Ali agar menggantikannya menjadi imam sementara Rasulullah memberi pelajaran kepada para kaum pria yang berada di sekitar masjid. Kemudian adanya kisah Umar yang begitu marah kepada dirinya hingga ia rela menyumbangkan seluruh harta kebunnya hanya dikarenakan ia terlambat salat berjamaah. Hal inilah yang menyebabkan begitu pentingnya salat berjamaah.

Selain itu Ustad Bachtiar juga menghimbau kepada para jamaah, agar memanfaatkan kondisi yang ada sekarang dalam melaksanakan ibadah berjamaah di masjid.

"Mumpung sekarang sehat. Jangan ketika sudah tua, sudah lumpuh baru kita ingat akan masjid," sebutnya

Oleh karena itu khususnya bagi kaum pria muslim sangat penting bagi kita menjaga kewajiban salat wajib secara berjamaah, selagi kita masih ada kesempatan dan waktu sebelum datangnya waktu sempit bagi kita semua. (bpc12)

TRAVELLING

Berita Terkini

SF Haryanto Dua Kali Diperiksa, Tersangka Korupsi SPPD Fiktis Dispenda Riau Segera Ditetapkan
Minggu, 25 Juni 2017 20:33

SF Haryanto Dua Kali Diperiksa, Tersangka Korupsi SPPD Fiktis Dispenda Riau Segera Ditetapkan

Penyidikan terhadap dugaan korupsi SPPD Fiktif di Dispenda Riau terus dilakukan tim penyidik Kejaksaan Tinggi Riau.

Inilah  Kebiasaan Saat Lebaran di Kampung
Minggu, 25 Juni 2017 19:29

Inilah Kebiasaan Saat Lebaran di Kampung

Setelah melaksanakan ibadah puasa satu bulan. Lebaran  adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu.Malam takbiran

Kejati Riau Segera Umumkan Tersangka Proyek RTH
Minggu, 25 Juni 2017 17:35

Kejati Riau Segera Umumkan Tersangka Proyek RTH

Penyidik Kejaksaan Tinggi Riau segera mengumumkan tersangka korupsi proyek Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tugu Integritas Anti Korupsi

Mobil Dinas untuk Mudik? Pengamat Publik: Emang Punya Nenek Moyangnya?
Minggu, 25 Juni 2017 15:23

Mobil Dinas untuk Mudik? Pengamat Publik: Emang Punya Nenek Moyangnya?

 Beberapa waktu lalu, pemerintah Provinsi Riau mengeluarkan perintah bahwasanya mobil dinas dilarang untuk digunakan mudik.

Ustaz Asril Lc: Menangislah Ramadan Telah Pergi
Minggu, 25 Juni 2017 14:09

Ustaz Asril Lc: Menangislah Ramadan Telah Pergi

Setiap yang merasakan indahnya pertemuan, akan mengerti pahitnya perpisahan. Setidaknya itulah pesan Ustaz Asril, Lc yang menjadi Khatib Salat Id

Minggu, 25 Juni 2017 13:11

Waktu SD Kamu Pernah Melukis Sawah, Pohon Kelapa dan Gunung, Wujud Aslinya Ada Di Sini

Ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), salah satu pelajaran yang paling menyenangkan adalah menggambar. Siapapun pasti 

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan
Minggu, 25 Juni 2017 10:56

Inilah 3 Keutamaan Puasa yang Diwariskan Setelah Ramadan

Ramadan sudah berlalu, Syawal sudah menyapa. Kemenangan atas perjuangan sebulan Ramadan disambut dengan kebahagiaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017. Namun demikian, selayaknya Ramadan bukan hanya ditinggal begitu saja. 

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara
Minggu, 25 Juni 2017 09:09

Hari Raya, Hotspot Sumatera Masih 'Membara

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat hotspot atau titik panas masih terdeteksi di sejumlah provinsi di Pulau Sumatera. Setidaknya hotspot yang terdeteksi berjumlah belasan, Minggu (25/06/2017).

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda
Minggu, 25 Juni 2017 08:31

Ribuan Warga Banjar Seminai Khitmad Sholat di Masjid Nurul Huda

Cuaca mendung menghiasi pagi Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Di Desa Banjar Seminai  yang berlokasi di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, masyarakat ramai berdatngan ke masjid untuk melaksanakan salat Ied berjamaah. 

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order 'Operasi Perawan'
Minggu, 25 Juni 2017 08:05

Dokter di Tunisia Kebanjiran Order "Operasi Perawan"

Operasi mengembalikan keperawanan lagi musim di Tunisia. Gara-gara itu, maka dokter kebanjiran order. Perempuan-perempuan muda antri untuk mengembalikan selaput dara (hymen). Kendati dilakukan secara sembunyi-sembunyi.