Pentingnya Menjaga Salat Wajib Berjamaah

Jumat, 21 April 2017 14:30
Pentingnya Menjaga Salat Wajib Berjamaah
Salat Berjamaah (ilustrasi net)

BERTUAHPOS.COM (BPC), BAGANSIAPIAPI - Salat merupakan salah satu rukun di dalam Islam dan kewajiban bagi setiap muslim untuk menjalankannya.

Di dalam salat sendiri begitu banyak nilai dan makna yang terkandung di dalamnya, yang tentunya akan berguna bagi kehidupan manusia baik di dunia terutama di akhirat. Tentunya akan sangat merugi bagi mereka yang dengan lalai ataupun sengaja meninggalkan kewajiban salat, yang mana ancamannya yaitu berupa siksa yang pedih di neraka Saqar.

Dalam ceramah Jumat yang disampaikan oleh ustad Bachtiar Ahmad di Masjid Al-Khairiyah di Jalan Madrasah Bagansiapiapi, beliau menghimbau tentang pentingnya pelaksanaan salat wajib berjamaah terutama bagi kaum pria.

"Penting bagi seorang pria muslim untuk melaksanakan kewajiban salat 5 waktu berjamaah di masjid, selain itu begitu banyak keutamaan salat berjamaah yang salah satunya memiliki keutaman 27 kali lebih baik dari salat sendiri," ujarnya, Jumat (21/4/2017).

Baca: Ustad Abu Bakar: Basuh Hati Biar Tidak Sakit

Lebih lanjut ustad Bachtiar menyebut bahwa banyak hadis yang menyatakan mengenai salat wajib berjamaah di masjid. Salah satunya bahkan menyebutkan sebagai kewajiban yang akan berdosa jika ditinggalkan. Kemudian ada yang menyebutkan bahwa salat jamaah adalah sunah. Namun yang paling banyak dari pendapat ulama menyatakan bahwa salat berjamaah di masjid merupakan Sunnah Muakad atau sunah yang sangat dipentingkan.

Ustaz Bachtiar juga menyebutkan bahwa Rasulullah S.A.W pernah sangat marah ketika mengetahui keadaan masjid yang dijadikannya sebagai tempat shalat berjamaah kosong, sehingga Rasulullah memerintahkan Ali agar menggantikannya menjadi imam sementara Rasulullah memberi pelajaran kepada para kaum pria yang berada di sekitar masjid. Kemudian adanya kisah Umar yang begitu marah kepada dirinya hingga ia rela menyumbangkan seluruh harta kebunnya hanya dikarenakan ia terlambat salat berjamaah. Hal inilah yang menyebabkan begitu pentingnya salat berjamaah.

Selain itu Ustad Bachtiar juga menghimbau kepada para jamaah, agar memanfaatkan kondisi yang ada sekarang dalam melaksanakan ibadah berjamaah di masjid.

"Mumpung sekarang sehat. Jangan ketika sudah tua, sudah lumpuh baru kita ingat akan masjid," sebutnya

Oleh karena itu khususnya bagi kaum pria muslim sangat penting bagi kita menjaga kewajiban salat wajib secara berjamaah, selagi kita masih ada kesempatan dan waktu sebelum datangnya waktu sempit bagi kita semua. (bpc12)

TRAVELLING

Berita Terkini

Cegah Limbah Rumah Sakit, Dinkes Pekanbaru Klaim Rutin Bina RS
Senin, 25 September 2017 21:55

Cegah Limbah Rumah Sakit, Dinkes Pekanbaru Klaim Rutin Bina RS

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru menegaskan selalu melakukan pembinaan secara rutin kepada rumah sakit yang ada di Pekanbaru.

Apotek Tak Berizin, Dinkes: Wajib Urus Baru Buka
Senin, 25 September 2017 21:40

Apotek Tak Berizin, Dinkes: Wajib Urus Baru Buka

Pasca temuan beberapa apotek di Kota Pekanbaru yang tidak memiliki izin, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menegaskan apotek-apotek tersebut dikenakan sanksi penutupan.

Asik Bersepeda Motor Curian, Pud Diamankan Polisi
Senin, 25 September 2017 20:58

Asik Bersepeda Motor Curian, Pud Diamankan Polisi

 Setelah MIS, kini Tim Harat Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir (Inhil) berhasil menciduk Sya alias Pud (37), warga Jalan Tanjung Pura Kotabaru Siberida Kecamatan Keritang, di kediamannya. Lantaran menjadi penadah sepeda motor curian, Senin (25/9/2017).

Wow! KUPA-PPAS APBD Perubahan Pekanbaru 2017 Akhirnya Disepakati di Angka Rp 2.6 Triliun
Senin, 25 September 2017 20:44

Wow! KUPA-PPAS APBD Perubahan Pekanbaru 2017 Akhirnya Disepakati di Angka Rp 2.6 Triliun

Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun Anggaran 2017, akhirnya disahkan dengan penandatangan MoU, Senin (25/9/2017).

Kejati Riau Tetapkan Empat Orang Tersangka Korupsi Lampu Pemko Pekanbaru
Senin, 25 September 2017 20:39

Kejati Riau Tetapkan Empat Orang Tersangka Korupsi Lampu Pemko Pekanbaru

Setelah penyidikan secara marathon beberapa hari terakhir, akhirnya penyidik Kejaksaan Tinggi Riau menetapkan empat orang sebagai tersangka korupsi pengadaan lampu LED dan lampu taman Pemko Pekanbaru.

AHY Sampai Diranah Minang, 'Sersan' di Payakumbuh
Senin, 25 September 2017 20:34

AHY Sampai Diranah Minang, "Sersan" di Payakumbuh

Mantan Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) Senin (25/9/2017) sampai di Ranah Minang, Sumbar. Sesuai rencana AHY akan berada di Sumbar sampai Selasa sore.

Sore Ini Titik Panas Kembali Mengganas
Senin, 25 September 2017 20:28

Sore Ini Titik Panas Kembali Mengganas

Titik panas kembali mengganas di Pulau Sumatera, sore ini, Senin (25/9/2017). Pantauan BMKG Pekanbaru, setidaknya ada 49 titik pada level convidence 50 persen.

Hampir 15 Menit Menunggu, Ternyata Petugas SPBU Batu Empat Ditemukan Tengah Duduk Santai
Senin, 25 September 2017 20:18

Hampir 15 Menit Menunggu, Ternyata Petugas SPBU Batu Empat Ditemukan Tengah Duduk Santai

Pelayanan dan manajemen SPBU Batu Empat, Bagansiapiapi sungguh menjengkelkan dan membuat warga kecewa. Bagaimana tidak, selama hampir 15 menit menunggu petugas untuk mengisi bahan bakar jenis Pertalite, namun tidak satupun dilayani oleh petugas SPBU yang ada di lokasi. 

Akhirnya, Setelah Belasan Tahun Riau Miliki RTRW
Senin, 25 September 2017 20:13

Akhirnya, Setelah Belasan Tahun Riau Miliki RTRW

Setelah melalui proses panjang, akhirnya siang ini (25/9/2017), DPRD Riau mensahkan RTRW Riau 2017-2037 sebagai ranperda. Palu pengesahan ini diketuk oleh Sunaryo, wakil ketua DPRD Riau disaksikan oleh pimpinan DPRD dan instansi terkait serta Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim.

Rapat Memanas, MoU KUPA dan PPAS APBD-P Pekanbaru 2017 Batal di Hotel
Senin, 25 September 2017 20:07

Rapat Memanas, MoU KUPA dan PPAS APBD-P Pekanbaru 2017 Batal di Hotel

Senin (25/9/2017), penandatanganan MoU KUPA dan PPAS Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun Anggaran 2017 batal dilaksanakan di salah satu hotel yang ada di Pekanbaru.