Ini Penyebab Adem Anyem Masa Kampanye Pilwako

Sabtu, 17 Desember 2016 12:57
Ini Penyebab Adem Anyem Masa Kampanye Pilwako

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Masa kampanye yang sedang dilakukan para paslon walikota dan wakil walikota tidak seheboh tahun-tahun sebelumnya.

Adem anyem yang dirasakan masyarakat Pekanbaru saat masa kampanye ini ternyata disebabkan beberapa alasan. Seperti yang dikatakan Muhammad Zaini selaku LO Tim Sukses Paslon nomor urut 5.

" Pemilu tahun ini tidak lagi sesemarak tahun-tahun sebelumnya. Karena UU Peraturan pemilu tidak membenarkan hal itu lagi," ujarnya

Zaini menjelaskan masa kampanye saat ini lebih difokuskan pada kampanye dialogis dari para paslon. Dialog yang dilakukan oleh para paslon dan masyarakat tidak dibenarkan dilakukan diruang terbuka. Kemudian alat peraga kampanya (APK) juga dibatasi jumlahnya, selain itu juga tempat pemasangan APK sudah ditentukan oleh KPU.

“Sosialisasi dari setiap paslon juga dilakukan harus berdasarkan zona yang sudah ditentukan oleh KPU,” Ungkap Zaini kepada kru Bertuahpos,Sabtu, (17/12/16).

Zaini mengatakan untuk paslon nomor urut lima terus melakukan sosialisasi setiap harinya sebanyak 3 sampai 5 titik, “Kita terus manfaatkan zona yang telah diberikan oleh KPU sebaik mungkin untuk berdialog dengan masyarakat,”lanjut Zaini.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Zulfahri Bukhari selaku Seketaris Tim Sukses Paslon nomor urut 4. Zulfahri Bukhari mengatakan selain pemasangan APK yang sudah diatur oleh KPU. Selain itu juga hilangnya kesemarakan pemilu disebabkan karena sikap skeptis masyarakat, kurangnya pendidikan politik yang dimiliki masyarakat, membuat rendahnya tingkat kepedulian masyarakat terhadap politik .

Zulfahri menambahkan, hal lain yang menyebabkan tidak semaraknya masa kampanye yaitu masa kampanye yang terlalu lama sehingga para paslon terkendala di anggaran.

“Masa kampanye 100 hari, kalau selama 100 hari selalu berkegiatan kendala kita di pendanaan. Jadi kita akan gencar di masa-masa terakhir kampanye,” sebut Zulfahmi.

Paslon nomor urut empat tetap gencar melalukan sosialisasi di zona-zona yang telah ditentukan. Dalam sehari nomor urut empat melakukan sosialisasi minimal 3 titik.

Hal lain juga disebabkan karena ketidaksiapan dari pihak penyelenggara, sebagai contoh saat pemasangan APK. Seharusnya pemasangan APK dilakukan sebelum masa kampanye tetapi, informasi pemasangan APK baru di informasikan diawal bulan Desember dan juga hingga sekarang daftar nama DPT belum juga diberikan kepada masing-masing paslon.

Penulis: Vina

TRAVELLING

Berita Terkini

Cegah Limbah Rumah Sakit, Dinkes Pekanbaru Klaim Rutin Bina RS
Senin, 25 September 2017 21:55

Cegah Limbah Rumah Sakit, Dinkes Pekanbaru Klaim Rutin Bina RS

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru menegaskan selalu melakukan pembinaan secara rutin kepada rumah sakit yang ada di Pekanbaru.

Apotek Tak Berizin, Dinkes: Wajib Urus Baru Buka
Senin, 25 September 2017 21:40

Apotek Tak Berizin, Dinkes: Wajib Urus Baru Buka

Pasca temuan beberapa apotek di Kota Pekanbaru yang tidak memiliki izin, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menegaskan apotek-apotek tersebut dikenakan sanksi penutupan.

Asik Bersepeda Motor Curian, Pud Diamankan Polisi
Senin, 25 September 2017 20:58

Asik Bersepeda Motor Curian, Pud Diamankan Polisi

 Setelah MIS, kini Tim Harat Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Indragiri Hilir (Inhil) berhasil menciduk Sya alias Pud (37), warga Jalan Tanjung Pura Kotabaru Siberida Kecamatan Keritang, di kediamannya. Lantaran menjadi penadah sepeda motor curian, Senin (25/9/2017).

Wow! KUPA-PPAS APBD Perubahan Pekanbaru 2017 Akhirnya Disepakati di Angka Rp 2.6 Triliun
Senin, 25 September 2017 20:44

Wow! KUPA-PPAS APBD Perubahan Pekanbaru 2017 Akhirnya Disepakati di Angka Rp 2.6 Triliun

Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun Anggaran 2017, akhirnya disahkan dengan penandatangan MoU, Senin (25/9/2017).

Kejati Riau Tetapkan Empat Orang Tersangka Korupsi Lampu Pemko Pekanbaru
Senin, 25 September 2017 20:39

Kejati Riau Tetapkan Empat Orang Tersangka Korupsi Lampu Pemko Pekanbaru

Setelah penyidikan secara marathon beberapa hari terakhir, akhirnya penyidik Kejaksaan Tinggi Riau menetapkan empat orang sebagai tersangka korupsi pengadaan lampu LED dan lampu taman Pemko Pekanbaru.

AHY Sampai Diranah Minang, 'Sersan' di Payakumbuh
Senin, 25 September 2017 20:34

AHY Sampai Diranah Minang, "Sersan" di Payakumbuh

Mantan Calon Gubernur DKI Jakarta, Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) Senin (25/9/2017) sampai di Ranah Minang, Sumbar. Sesuai rencana AHY akan berada di Sumbar sampai Selasa sore.

Sore Ini Titik Panas Kembali Mengganas
Senin, 25 September 2017 20:28

Sore Ini Titik Panas Kembali Mengganas

Titik panas kembali mengganas di Pulau Sumatera, sore ini, Senin (25/9/2017). Pantauan BMKG Pekanbaru, setidaknya ada 49 titik pada level convidence 50 persen.

Hampir 15 Menit Menunggu, Ternyata Petugas SPBU Batu Empat Ditemukan Tengah Duduk Santai
Senin, 25 September 2017 20:18

Hampir 15 Menit Menunggu, Ternyata Petugas SPBU Batu Empat Ditemukan Tengah Duduk Santai

Pelayanan dan manajemen SPBU Batu Empat, Bagansiapiapi sungguh menjengkelkan dan membuat warga kecewa. Bagaimana tidak, selama hampir 15 menit menunggu petugas untuk mengisi bahan bakar jenis Pertalite, namun tidak satupun dilayani oleh petugas SPBU yang ada di lokasi. 

Akhirnya, Setelah Belasan Tahun Riau Miliki RTRW
Senin, 25 September 2017 20:13

Akhirnya, Setelah Belasan Tahun Riau Miliki RTRW

Setelah melalui proses panjang, akhirnya siang ini (25/9/2017), DPRD Riau mensahkan RTRW Riau 2017-2037 sebagai ranperda. Palu pengesahan ini diketuk oleh Sunaryo, wakil ketua DPRD Riau disaksikan oleh pimpinan DPRD dan instansi terkait serta Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim.

Rapat Memanas, MoU KUPA dan PPAS APBD-P Pekanbaru 2017 Batal di Hotel
Senin, 25 September 2017 20:07

Rapat Memanas, MoU KUPA dan PPAS APBD-P Pekanbaru 2017 Batal di Hotel

Senin (25/9/2017), penandatanganan MoU KUPA dan PPAS Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Pekanbaru tahun Anggaran 2017 batal dilaksanakan di salah satu hotel yang ada di Pekanbaru.