TRANSPORTASI: Pekanbaru Bakal Punya Jalur Kereta Api

Sabtu, 14 Juni 2014 12:21

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA  –Kereta api dalam beberapa waktu ke depan akan menghiasi Pekanbaru. Untuk sementara, alat transportasi tersebut akan difungsikan untuk mengangkut sawit.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko mengatakan, proyek pembangunan jalur kereta api baru koridor sumatera salah-satunya Pekanbaru akan menjadi salah-satu prioritas proyek pembangunan infrastruktur transportasi di 2015.

“Rencana proyek ini merupakan proyek yang didanai dalam APBN 2015,” tuturnya kepada Bisnis, Jumat (13/6/2014).

Meski rencana pembangunan jalur kereta api baru ini diprioritaskan untuk keperluan mengangkut sawit, tidak menutup kemungkinan ke depan akan digunakan untuk angkutan penumpang.

Baca: Roti Bakar Disini Sajikan Tiga Varian Keju

Saat ini, progres proyek ini masih terkendala lahan, masih mencari lokasi yang cocok mengingat secara geografis Pekanbaru dan rata-rata daerah Riau ini berbukit-bukit.

Belum lagi banyak halangan berupa pipa minyak milik Pertamina dan Chevron.

“Belum ada lahan yang cocok, pemerintah daerah setempat pun belum mau memberikan lahan untuk proyek ini. Kita lihat saja nanti,” kata Hermanto.

Hermanto menegaskan proyek untuk di Pekanbaru ini akan difokuskan di kereta angkut sawit dan komoditas lainnya.

Angkutan penumpang tidak menjadi prioritas karena pergerakan orang di Sumatera berbeda, tidak seperti di Jawa yang padat dengan mobilitasnya tinggi.(Bisnis)