Transportasi Jemaah Haji Pekanbaru-Batam, Pemprov Siapkan Rp25 Miliar

Selasa, 08 Januari 2019 15:55

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemprov Riau telah menyiapkan dana sebesar Rp25 miliar untuk akomodasi transportasi jemaah haji Riau Pekanbaru-Batam. Dana ini telah dimasukkan dalam APBD 2019.

Hal itu disampaikan oleh mantan ketua Pansus Perda Transportasi Haji, Hussaimi Hamidi saat ditemui bertuahpos.com diruangannya, Selasa 8 Januari 2018.

“Jadi, transit dulu di Batam. Nah, akomodasi calon jemaah dari Pekanbaru ke Batam, dan sebaliknya, itu akan ditanggung dalam APBD 2019. Jumlahnya Rp25 miliar,” jelas Hussaimi.

Baca: Kemenag RI Sebut Maret 2019 SK Embarkasi Haji Antara Riau Keluar

Baca: Ngabuburit Film Religi Bersama Batiqa Hotel Pekanbaru

Sementara itu, untuk transportasi calon jemaah dari daerah menuju Pekanbaru, akan ditanggung oleh masing-masing daerah. “Asramanya kan ada di Pekanbaru. Jadi transportasi ke Pekanbaru, ke Batam, dan sebaliknya, ditanggung pemerintah,” tambah dia.

Sebelumnya, Kementerian Agama RI memastikan izin embarkasi haji antara Riau secara tertulis diperkirakan keluar pada Maret 2019 nanti. Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI Prof. Dr. Nizar, M.Ag saat melakukan tinjauan langsung ke asrama embarkasi haji antara Riau di Jalan Mekar Sari, Pekanbaru.

“Masih ada waktu sampai Februari bagi Pemprov Riau untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan lain. Namun secara keseluruhan sudah memenuhi standar. Artinya Maret izin tertulis untuk embarkasi haji antara Riau sudah bisa dikeluarkan,” katanya. (bpc2)