Tips Melancong Bermodal Kartu Kredit

Selasa, 07 Januari 2014 15:51

BERTUAHPOS.COM, Jakarta – Traveling saat ini tidak lagi menjadi bagian dari gaya hidup para pebisnis saja, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Jika Anda mempunyai rencana bepergian, baik untuk bisnis atau untuk berlibur bersama orang-orang terdekat Anda, ada banyak cara untuk membuat perjalanan tersebut lebih aman dan nyaman dengan menggunakan… Kartu Kredit!

Walaupun ada kekhawatiran mengenai penggunaan kartu kredit ketika bepergian, namun hal-hal tersebut dapat diatasi apabila Anda melakukan persiapan-persiapan berikut, seperti dikutip dari MyWealth milik Citigroup, Senin (6/1/2013).

1. Sebelum bepergian
Periksa kartu Anda. Catat tanggal habis berlaku kartu Anda, saldo yang tersisa dan tanggal jatuh tempo pembayaran. Jika perlu, lunasi dulu tagihan yang ada sebelum Anda bepergian. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir kredit Anda sudah habis atau masa berlaku kartu habis ketika Anda sedang bepergian.

Baca: Harga Tiket Promo Masih Tersedia Untuk Hari Ini dan Besok

Ketahui limit pengambilan tunai harian dari bank yang mengeluarkan kartu Anda. Pada umumnya, kartu kredit Anda mempunyai fasilitas pengambilan tunai dengan limit tertentu. Namun, biasanya pengambilan tunai dengan kartu kredit dikenakan biaya dan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan kartu debit. Karena itu, gunakan kartu kredit Anda untuk membayar pengeluaran-pengeluaran besar, misalnya hotel, dan gunakan kartu debit Anda untuk menarik tunai.

Buatlah salinan dari semua hal yang ada di dompet Anda. Catat di catatan terpisah atau fotokopi semua kartu (termasuk kartu kredit, kartu debit, kartu identitas) dan simpan di tempat yang aman. Hal ini penting jika Anda kehilangan kartu atau dompet Anda, untuk melaporkannya ke pihak berwajib.

Beritahu bank yang mengeluarkan kartu Anda tentang rencana Anda. Informasikan kepada bank Anda bahwa Anda akan bepergian keluar negeri atau keluar kota, sehingga bank dapat membantu Anda memfasilitasi rencana tersebut. Bank tidak akan mencurigai transaksi yang berasal dari negara atau kota tujuan, misalnya, sehingga perjalanan Anda bisa lebih leluasa.

2.Selama Bepergian
Manfaatkan safety box yang disediakan hotel Anda. Ketika Anda sedang mengunjungi tempat wisata, atau pergi ke kolam renang/pantai, jangan bawa semua barang berharga Anda. Simpan barang-barang yang tidak Anda perlukan di safety box yang disediakan hotel, dan pastikan safety box tersebut terkunci dengan baik.

Segera hubungi bank/institusi finansial penyedia kartu Anda jika kartu Anda hilang. Selain menghubungi bank Anda, Anda juga dapat menghubungi institusi penyedia kartu Anda – misalnya Visa, MasterCard, atau American Express. Mereka biasanya mempunyai layanan pelanggan yang dapat dihubungi 24/7. Catat nomor yang dapat dihubungi di negara tujuan Anda jika Anda akan bepergian keluar negeri.

Simpan slip penjualan dengan kartu kredit sebagai bukti pembelian. Hal ini mungkin diperlukan oleh petugas bea cukai yang memeriksa barang-barang yang Anda bawa keluar negara tersebut, atau untuk memeriksa ulang pengeluaran Anda setelah Anda pulang.

Tanyakan mengenai Direct Currency Conversion (DCC) sebelum membayar dengan kartu kredit Anda. Beberapa toko menawarkan pilihan DCC, untuk langsung mengubah jumlah yang harus Anda bayar dalam mata uang negara asal Anda. Pastikan Anda mengetahui nilai tukar yang diberlakukan, karena bisa jadi nilai tukarnya lebih tinggi dibandingkan dengan jika Anda membayar dengan mata uang setempat.

3.Setelah Pulang
Simpan semua bon pembelanjaan Anda. Dan jangan lupa untuk memeriksa tagihan dan billing statement Anda dengan baik. Gunakan bon-bon tersebut untuk melakukan cross-check.

Segera hubungi bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda jika Anda melihat ada tagihan yang tidak dikenal atau jika ada hal yang tidak biasa pada tagihan Anda.

Nah, dengan tips-tips di atas, Anda dapat mengatasi berbagai kekhawatiran Anda tentang memanfaatkan kartu kredit ketika bepergian, bukan? Yang perlu diingat adalah bahwa kartu kredit seharusnya memudahkan Anda – termasuk untuk bepergian, dan bukan menyulitkan Anda. Jadi pastikan Anda menyimak langkah-langkah di atas untuk membuat perjalanan Anda menggunakan kartu kredit menjadi lebih nyaman! (detik.com)

Berita Terkini

Minggu, 29 Maret 2020 18:30

Sudah Dua Orang di Riau Positif Corona, Satu Sembuh

#VIRUSCORONA

Minggu, 29 Maret 2020 17:34

Jabar Persiapan Lockdown

REGIONAL

Minggu, 29 Maret 2020 17:03

Alhamdulillah, Pasien Positif Corona di Riau Dinyatakan Sembuh

#VIRUSCORONA

Minggu, 29 Maret 2020 16:54

Ribuan Orang Mendaftarkan Diri Jadi Relawan Corona

#VIRUSCORONA

Minggu, 29 Maret 2020 16:48

Riau Anggap Belum Perlu Tutup Akses Masuk dan Keluar

REGIONAL

Minggu, 29 Maret 2020 15:27

Jokowi Akan Disalahkan Jika Tidak Karantina Wilayah

NASIONAL

Minggu, 29 Maret 2020 14:30

Lowongan Kerja Perawat dan K3RS RS Sansani Pekanbaru

LOWONGAN KERJA

Minggu, 29 Maret 2020 11:03

Sebaiknya New York Dikarantina

#VIRUSCORONA