Tata Krama Yang Harus Diperhatikan ketika di Kamboja

Rabu, 12 Maret 2014 06:59

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Meski banyak dikunjungi turis asing, Kamboja termasuk daerah yang masih memegang erat budaya, terutama dalam sopan santun dan berbusana. Berdasarkan Cambodian Pocket Guide, berikut adalah hal penting yang harus Anda perhatikan ketika berada di Kamboja:

1. Pilihan Berpakaian
Ketika Anda berada di pantainya, celana pendek atau tank top dan bikini dan tank top (untuk wanita) atau kaus singlet (bagi pria) masih diijinkan, namun ketika Anda memasuki wilayah turis non-pantai atau perkotaan, sebaiknya kenakan sesuatu yang menutup wilayah dada, pundak, pusar, dan paha hingga ke lutut. Tata krama berpakaian ini sangat penting diperhatikan terutama karena banyak pagoda dan tempat-tempat wisata yang juga sekaligus menjadi tempat ibadah, seperti di Angkor Wat.

2. Perhatikan Gestur Tubuh
Orang Khmer (nama penduduk di Kamboja) sangat ramah. Di banyak tempat, Anda akan sering disapa dengan salam khas dengan mengatupkan kedua tangan seraya tersenyum dan sedikit membungkukkan badan. Mereka menamakan hal ini, Sompiah. Untuk menunjukkan bahwa Anda menghormati keramahan mereka, lakukan sompiah balasan dengan mengatupkan kedua tangan Anda lebih tinggi dan rendahkan pundak Anda.

3. Gunakan Kalimat Penting dalam Bahasa Lokal
Mempelajari bahasa lokal ketika Anda mengunjungi sebuah tempat sangatlah penting, salah satunya di Kamboja. Pelajari bahasa ini melalui petugas hotel tempat Anda menginap, melalui penduduk lokal yang Anda kenal,atau melalui aplikasi bahasa di gadget Anda.
Anda mungkin akan kesulitan mengucapkan bahasa Khmer, tetapi mereka tertawa namun sebenarnya sangat menghargai ketika Anda berani mengucapkan bahasa mereka. Hal ini terutama sangat membantu dalam urusan tawar-menawar ketika belanja. Anda mungkin bisa memperoleh harga murah atau tambahan dessert gratis. Saya mempraktikkannya!

Baca: Hari Kedua, Ini Menu Buka Puasa di Kampung Babuko Batiqa Hotel Hari Ini

4. Lepaskan Alas Kaki Anda
Ketika masuk ke sebuah tempat, perkantoran, atau rumah, lepaslah alas kaki Anda. Terutama ketika masuk ke tempat ibadah. Di beberapa hotel yang menggunakan rumah lokal bahkan disediakan tempat menyimpan alas kaki khusus di teras rumah.

5. Gunakan Kedua Tangan
Ketika Anda hendak memberikan sesuatu kepada orang lokal, gunakan tangan kanan atau kedua tangan Anda.Jika Anda memberikan dengan tangan kanan, maka letakkan tangan kiri Anda menyentuh pundak kanan bawah. Tata krama ini terutama sangat berlaku apabila Anda berhadapan dengan pemuka agama atau orang yang jauh lebih tua.

6. Jangan Mengritik Orang Lokal
Jika Anda hendak mengritik atau menegur seseorang karena salah, jangan lakukan di hadapan publik meskipun mereka memang salah. Tersenyumlah pada mereka dan lakukan sompiah.(liputan6.com)