Penambahan Rute Baru di Bandara SSK II Masih Memungkinkan

Kamis, 11 Februari 2016 11:35

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau sudah menerima adanya operator penerbangan menambah rute terbang. Hal ini disambut baik mengingat kapasitas bandara menampung penumpang serta slot terbang yang masih ada.

Seperti yang dikatakan Airport Duty Manager SSK II, Ibnu Hasan kepada kru bertuahpos.com. “Kalau untuk potensi buka rute baru tentu masih ada, tidak hanya domestik tetapi juga internasional,” katanya, Kamis (11/02/2016).

Ibnu mengatakan saat ini baru ada maskapai Citilink serta Xpress Air yang menginformasikan buka rute baru. “Memang ada informasi itu, tetapi kapan pasti terbangnya belum tahu. Dan maskapai lain juga sudah ada menyatakan ketertarikan untuk menambah rute Dan frekuensi, tetapi belum pasti,” sebutnya.

Dijelaskan Ibnu saat ini Bandara SSK II melayani frekuensi terbang sekitar 70 flight. Yang dilayani 12 operator penerbangan baik itu domestik maupun international. Dengan rata-rata jumlah penumpang 6000 sampai 8000 orang tiap hari.

Baca: 25 Hotspot Terdeteksi di Riau, Kali Ini Kampar Terbanyak

“Kita harap penambahan rute ini menunjukkan potensi bisnis penerbangan membaik. Dan juga yang tidak kalah penting, masyarakat punya alternatif untuk terbang,” katanya.

Sebelumnya Manager District Citilink Area Pekanbaru, Ridwan, membenarkan wacana rute baru, yakni Pekanbaru-Bandung. Hanya saja Ridwan belum bisa menginformasikan jadwal penerbangan perdananya. “Masih tentatif untuk tanggal dan bulannya. Rencana awal memang 16 Februari ini, tapi sepertinya akan berubah,” sebutnya.

Ridwan menjelaskan penambahan rute ini dikarenakan adanya permintaan dari masyarakat sebagai pengembangan rute. “Banyak pelanggan Citilink yang ingin kami terbang ke BDO (Bandung) langsung, dan pemberian alternatif untuk penumpang umumnya, karena selama ini hanya diterbangkan oleh satu maskapai,” katanya.

Sedangkan Xpress Air yang baru saja membuka rute domestik Pekanbaru-Tanjung Pinang dan Pekanbaru-Palembang dikabarkan membuka lagi rute international Pekanbaru-Melaka.  “Awal Maret kita rencanakan terbang perdana Pekanbaru-Melaka,” kata Station Manager Xpress Air Pekanbaru, Rizon Jayadi kepada kru bertuahpos.com belum lama ini.

Rizon menjelaskan pihak Xpress Air tertarik membuka rute Pekanbaru-Melaka sebab maraknya masyarakat Riau yang pergi berobat ke Malaysia. Sehingga pihaknya juga ikut membuka rute tersebut untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjadi alternatif.

Rencananya rute Pekanbaru-Melaka ini akan dilakukan sebanyak empat kali dalam seminggu, sementara itu harganya berkisar mulai dari Rp 600.000. Ada pun penerbangan ini akan menggunakan pesawat jenis Dornier 328 – 100. (Riki)