Terapkan Istilah “Don’t Judge People by It’s Cover”

Kamis, 11 Februari 2016 12:08

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Mendengar kalimat “Don’t judge people by cover” ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Yang artinya jangan menilai orang dari luar atau tampak luarnya saja. Dengan kata lain yaitu “menghakimi”.

Seperti diketahui, menghakimi orang lain merupakan tindakan yang secara tidak sadar sering kita lakukan. Tindakan menghakimi bukanlah tindakan yang salah, tetapi kerap kali salah menggunakannya.

Hal itu juga dirasakan oleh Bram selaku pemilik pondok Sup Fina. “Saat ini yang sering terjadi ya suka menghakimi orang lain, tanpa terlebih dahulu memastikan apa yang difikirkannya itu benar. Sangat sering terjadi hal tersebut, memang bukan merupakan tindakan yang salah, namun itu bisa membuat seseorang dan orang yang dihakimi nya tersebut menjadi salah paham,” ungkapnya kepada kru Bertuahpos.com, Rabu (10/2/2016).

Sebenarnya apa arti dari menghakimi tersebut. Menurut Bram pula, arti dari menghakimi itu ada dua arti, yang pertama, sering mengingatkan kesalahan orang lain agar tidak terulang lagi. Dan kedua, mengambil kesimpulan sebelum mengetahui faktanya.

Baca: 7 Langkah Efektif untuk Mencegah Stroke

“Dari dua arti yang saya tau itu, pastinya memiliki arti positif dan negatifnya. Namun biasanya yang sering terjadi itu adalah arti yang kedua, yaitu suka mengambil kesimpulan sendiri tanpa tau kebenarannya,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Mardhiyah, selaku dosen Psikologi Uin Suska Riau. Menurut Mardhiyah, tindakan menghakimi dalam arti positif itu seperti pada arti mengingatkan kesalahan orang lain, itu dilakukan demi kebaikan orang yang kita “judge” juga. Namun terkadang, jika itu berbalik pada diri kita, kita sendiri mau tidak mendengarkan kritikan atau “judge” yang diberikan orang lain, karena seringnya mendapatkan pujian yang berlebihan dari seseorang.

Menghakimi dalam arti negatif, yaitu seperti yang sering kita lakukan terhadap orang lain. Tanpa tahu permasalahan, sebabnya, dengan mudah mengambil suatu kesimpulan negatif. Seperti contoh sederhananya, kita melihat seseorang dalam kesehariannya selalu tampak ceria dan semangat, belum tentu hal itu terjadi sebenarnya. Bisa jadi dia ada menyembunyikan sesuatu dibalik keceriannya yang ia tunjukan.

“Yang parahnya, menghakimi seseorang dalam arti negatif yaitu suka menilai, menuduh seseorang tanpa terlebih dahulu mengetahui kebenarannya,” ujar Mardhiyah.

Nah, untuk itu, janganlah menghakimi satu sama lainnya. Temukan dulu fakta dan kebenarannya sebelum mengambil keputusan. Dan jangan menghakimi jika kita sendiri tidak mau dihakimi. (Dilla)