Waspada Penyakit pada Hewan Peliharaan Saat Musim Hujan

Kamis, 11 Februari 2016 12:17

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Banyak orang yang suka  akan musim hujan, terutama di daerah Pekanbaru, karena Pekanbaru terkenal akan cuacanya yang panas terik.

Namun, saat musim hujan ada beberapa penyakit yang sering timbul. Tak hanya menyerang manusia, tumbuhan, hewan pun turut merasakan dampaknya.

Seperti yang dikatakan oleh Drh Tito Reza MSi MH, “musim hujan memang ada enaknya karena tidak panas seperti dimusim kemarau. Tapi justru di musim hujan penyakit yang menyerang hewan kesayangan cukup banyak,” ungkapnya kepada kru Bertuahpos.com, Kamis (11/2/2016).

Dikarenakan udara yang lembab pada musim hujan, dapat menyebabkan penyuburan pertumbuhan dan penyebaran penyakit. Hal itu lah yang menyerang hewan-hewan peliharaan, seperti kucing, anjing dan lainnya terjangkit penyakit.

Baca: Sosmed Bikin Remaja Perempuan Tumbuh Tak Bahagia

“Penyakit yang rutin menyerang hewan kesayangan di musim hujan biasanya disebabkan oleh jamur, bakteri, dan virus karena udara lembab di musim hujan dapat menyuburkan pertumbuhan dan penyebarannya,” tambahnya.

Selain itu, perubahan udara dari panas menjadi dingin juga terkadang membuat tubuh manusia, ataupun hewan mulai beradaptasi dengan cuaca yang baru.

“Bisa juga karena alergi, karena manusia ataupun hewan juga tidak semua bisa langsung beradaptasi dengan cuaca yang baru. Lembabnya udara itulah, bahkan kalau sampai banjir, kotoran itu dapat menyebabkan penyakit kulit,” ujar Tito.

Tidak hanya itu, banyaknya kadar air yang diturunkan di permukaan bumi, terkadang tidak diantisipasi oleh manusia agar air tersebut bisa bebas menyerap ke dalam tanah dan mengalir langsung ke laut.

“Bakteri atau faktor penyakit tersebut terangkat kemudian terkontaminasi pada air, bahan pangan atau langsung menginfeksi pada manusia dan hewan kesayangan,” tutupnya. (Dilla)