Mengintip Keelokan Istano Yang Dipertuan Koto Rajo, untuk Referensi Wisata Budaya Anda

Selasa, 08 September 2020 17:10
Mengintip Keelokan Istano Yang Dipertuan Koto Rajo, untuk Referensi Wisata Budaya Anda
Istano Koto Rajo

BERTUAHPOS.COM, SUMATRA BARAT — Namanya Istano Yang Dipertuan Koto Rajo, atau biasa dikenal objek wisata Istano Koto Rajo, terletak di Kabupaten Pasaman Timur, Kabupaten Sumatera Barat. Objek wisata ini menjadi salah satu alternatif wisata budaya yang bisa dikunjungi masyarakat jika berkunjung ke negeri ini.

Istano ini terletak di wilayah paling ujung Utara Provinsi Sumatera Barat, tepatnya berada di Jorong II Koto Rajo, Nagari Koto Rajo Kabupaten Pasaman. Untuk menuju ke objek wisata, para wisatawan harus menempuh jarak sekitar 13 kilometer dari Pasar Rao dengan kondisi jalan yang, ya lumayan bagus lah.

Advertisement

Menurut penuturan banyak warga di daerah ini, Kerajaan Alam Pagaruyuang yang dipimpin oleh Raja Alam Pagaruyuang Sultan Riayat Shah telah menempatkan seorang Raja Besar yang menguasai beberapa wilayah di Minangkabau.

Meski demikian, raja-raja ini masih di bawah naungan daulat Kerajaaan Pagaruyuang. Beberapa referensi menyebut, Raja besar yang dimaksud salah satunya adalah Rajo Tumangguang Al-Izhan yang mendirikan pusat kerajaannya di daerah Pasaman.

Baca: Perayaan Malam Tahun Baru, Batiqa Hotel Pekanbaru Angkat Tema Melayu

Istano Koto Rajo berbentuk seperti Rumah Gadang, layaknya sebuah istana kerajaan kebanyakan di tamah Minangkabau. Pada bagian tertentu di bangunan ini juga dihiasi dengan ukiran serta ornamen khas Minangkabau. Sangat rapih, pernuh corak warna, menambah keindahan tampilan istana, walau usianya tergolong cukup tua.

Pada bagian langit-langit istna, pengunjung bisa menikmati warna-warni ukiran, berbalut juga dengan kain-kain hiasan, yang diserasikan, sehingga menghasilan pemandangan indah dari perpaduan warna-warni tersebut.

Istana ini memiliki keunikan bentuk arsitektur dengan bentuk puncak atapnya runcing menyerupai tanduk kerbau atau dalam bahasa minang disebut Bagonjong atau Baanjuang

Bagian dinding istana dibuat dari bahan papan yang penuh dengan ukiran ornamen dan umumnya bermotif akar, bunga, daun serta bidang persegi empat dan genjang. 

Setiap elemen dari istano mempunyai makna tersendiri yang dilatari oleh tambo yang ada dalam adat dan budaya masyarakat setempat. Objek wisata budaya yang satu ini cukup oke, untuk menjadi masuk dalam daftar list objek wisata yang bakal kamu kunjungi. Selamat menikmati ya… (mg2)