Masih dalam Suasana Pandemi, Riau Fokus Pada Target Wisatawan Domestik

Sabtu, 06 Februari 2021 11:30
Masih dalam Suasana Pandemi, Riau Fokus Pada Target Wisatawan Domestik
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rahmat. (Foto: Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemerintah Provinsi Riau akan fokus pada target wisatawan domestik di tahun 2021, mengingat kondisi pandemi Covid-19 belum mereda, dan penerbangan internasional belum dibuka.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau Roni Rakhmat, upaya pencapaian target wisatawan domestik tahun ini akan memanfaatkan strategi pemasaran melalui Media Sosial dan didorong oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Terutama untuk iven-iven skala nasional, kita dilibatkan. Hal lain yang akan dilakukan fokus pada pembinaan terhadap destinasi-destinasi wisata yang sudah ada di Riau,” katanya kepada Bertuahpos.com, Sabtu, 6 Februari 2021.

Dia menambahkan, terhadap pembinaan destinasi wisata yang ada, tidak lain untuk mematangkan kesiapan sektor pariwisata Riau. 

Baca: Pemprov Riau Minta Rumah Sakit Jangan Utak-atik 40% Tempat Tidur Khusus Covid-19

BACA JUGA:  Status Siaga Darurat Banjir dan Longsor Ditetapkan, Ini Komentar Apindo Riau

“Jangan sampai nanti ketika wisatawan datang, kita tak siap,” sambungnya.

Roni Rakhmat mengatakan, untuk objek wisatanya lebih kepada iven dan alam yang akan menjadi titik fokus pembinaan di tahun ini.

Untuk diketahui, jumlah kunjungan wisatawan Nusantara ke Provinsi Riau 2020 ditargetkan mencapai 7.510.965. Namun hanya terealisasi sebanyak 2.384.032. Sementara untuk jumlah kunjungan wisatawan Mancanegara 2020 ditargetkan sebanyak 177.707. Terealisasi sebanyak 67.599. 

(bpc2)