Kopi Bandar Senapelan, Sensasi Nikmat Kopi ‘Digiling Bukan Digunting’

Jumat, 31 Juli 2020 07:02
Kopi Bandar Senapelan, Sensasi Nikmat Kopi ‘Digiling Bukan Digunting’
Kopi Bandar Senapepan – Foto: Oong / Bertuahpos

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kopi Bandar Senapelan, bisa menjadi alternatif tempat ngopi di Pekanbaru. letaknya memang di Kampung Bandar, Senapelan, Pekanbaru. Nama tempat inilah yang melayar belakangi nama itu dipakai menjadi sebuah ‘warung kopi’ ini.

Pemiliknya akrab disapa Bang Bob. “Kalau menilik dari sejarahnya, kenapa kita buka Kopi Bandar Senapelan ini, ya memang karena kampung di sini namanya kampung Bandar. Jadi kita ambillah nama yang identik dengan nama kampungnya,” katanya saat berbincang dengan Bertuahpos.com, di bilangan Panglima Udan pada suatu sore Juli 2020.

Advertisement

Selain itu, kata pria yang juga pendidik ini, Kampung Bandar sebagai pusat kota lama (Pekanbaru), memang sudah harusnya ada tempat ngopi alternatif pilihan warga Pekanbaru.

Gerai kopi ini sebetulnya masih satu lantai dengan gerai She’s Kicthen. Sebuah gerai oleh-oleh khas Pekanbaru dengan menjual makanan frozen food. Sebut saja karipap alias pastel pusing adaptasi dari tetangga Jiran Malaysia.

Baca: Persaingan Boeing dan Airbus Kian Sengit

“Jadi kita ditawari Owner She’s ini lebih kurang 4 atau 5 bulan yang lalu. Tak lama setelah kebijakan new normal diberlakukan kita memberanikan buka usaha. Makanannya pun juga sudah kita siapkan,” kaya Bob.

Tempat ngopi di Pekanbaru

Bob – Foto: Oong / Bertuahpos

Lalu, apa yang membedakan Kopi Bandar Senapelan dengan yang lain?

“Ketika orang singgah ke Bandar Kopi Senapelan, yang dicari adalah kopi nira. Walaupun Non coffee juga ada. Tapi kopi kita tak pakai boba, kita tidak merekomendasikan,” ungkapnya.

“Ada juga varian teh tarik dan teh telur. Atau kalau mau yang beda ada juga wedang uwuh. Sejenis bandrek, dengan kayu secang,” kata Bang Bob tanpa malu-malu mengutip rekomendasi Presiden Jokowi untuk wedang ewuh, sebagai minuman menyehatkan.

Untuk bahan dasar kopi, kata Bang Bob dia mengambil dari beberapa supplier nira di Pekanbaru. Adapun segmentasi pasar mulai anak-anak sampai dewasa. Makanya menu kopi varian anak pun kenapa pilihan usahanya kopi, Bob pun sebagai pendidik punya alasan tersendiri.

“Kita ingin mengedukasi masyarakat kopi sehat tanpa campuran. Kiopi sehat bukan digunting tapi digiling. Kopi giling pun bisa dicampur banyak toping, Harga pun bersahabat,” yakin Bob.

Tahun 2021 ia berencana buka lagi tempat ngopi di Pekanbaru, dengan barrista pilihan. “Segmentasi dululah, pengenalan pada publik di IG Bandar Kopi Senapelan, Gofood sedang kita urus juga. Kita juga pakai rock presso buatan Inggris untuk mengolah kopinya. Ke depan kita akan up grade alat-alatnya seperti Grindler sudah ada.  Kita juga mengambil kopi dari penjuru nusantara, dan kopi itu sudah diroasting,” kata Bob yang punya orang atau roastery bersertifikat nasional asal Pekanbaru. (bpc5)