Komet, Koleksi Antik dan Langka di Istana Siak

Sabtu, 12 September 2020 12:44
Komet, Koleksi Antik dan Langka di Istana Siak

BERTUAHPOS.COM — Istana Asserayah Al Hasyimiah atau biasa dikelan dengan sebutan Istana Siak, terletak di Kabupaten Siak, Riau ini punya banyak koleksi benda-benda antik peninggalan kerajaan.

Benda-benda ini tentu saja menyimpan banyak sejarah yang terjadi saat Kerajaan Siak dulunya bertahta. Mesmi demikian bebepa diantaranya juga ada yang replika.

Advertisement

Salah satu koleksi Istana Siak yang terkenal adalah Komet — sejenis alat musik mirip gramofon. Alat musih. Diceritakan, alat musik komet ini didapat oleh Sultan Siak ke-11 yakni Sultan Syarif Kasim dari perjalanan atau lawatannya ke Benua Eropa pada tahun 1896.

Saat datang berkunjung ke Istana Siak ini, wisatawan dapat melihat sebuah piringan besar berwarna hitam yang terbuat dari besi berbentuk lingkaran. Seperti gramofon pada umumnya, instrument musik ini harus dipuar secara manual terlebih dahulu.

Baca: Kajian Zuhur: Umat Muslim Buntung, Itu Hukuman dari Allah

Piringan itu terbuat dari baja yang terdiri dari musik-musik instrumen klasik Jerman abad VIII ciptaan komponis terkenal Beethoven, Mozart dan Staruss dibawa oleh Sultan Siak XI tahun 1986 dari lawatannya ke Eropa.

Piringan dari baja hitam ini diperkirakan memiliki berat  mencapai 5 kilogram, tingginya 3 meter dan lebarnya 90 centimeter. Dan yang paling menarik dari Komet, bahwa musik ini hanya ada dua di dunia. Satu terdapat di Jerman dengan nomor seri 95131 sedangkan satunya lagi terdapat di Siak dengan nomor seri 95132.

Meskipun barang ini sudah berusia sangat tua, namun ternyata tetap masih bisa di gunakan dengan baik lho! Tertarik ingin melihatnya secara langsung? Bisa langsung datang ke Istana Siak, sambil melihat barang bersejarah lainnya yang tak kalah menarik. (mg3)