Hati-hati! Jalan Lintas Kuala Cenaku Paling Rawan Bagi Pemudik Tahun Ini

Jumat, 16 Juni 2017 10:29

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Mudik ke Kabupaten Inhil Riau tahun ini perlu kehati-hatian ekstra. Sebab di jalur lintas antara Kabupaten Inhu dan Inhil, persisnya di Kuala Cenaku menjadi titik paling rawan bagi pemudik. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Arlisman Agus mengatakan, jalan lintas di sana banyak dilintasi mobil dengan muatan beban berlebihan. Serta pemudik lain yang menggunakan kendaraan pribadi. 

Dia menjekaskan, bagian jalan itu sangat rawan jatuh ke sungai (longsor). Marka jalan juga sangat minim. Saat ini, untuk masalah marka jalan itu sudah diatasi. Tinggal kondisi badan jalan sekitar 2 meter, membuat kendaraan roda 4 sulit melintas jika selisih jalan. 

“Itu karena Abrasi. Dan kami khawatir akan masuk ke sungai,” ujar Arlisman.

Baca: Jalan-jalan Sehari di Kuala Lumpur? Bisa Kok!

Dishub Provinsi Riau, berdasarkan laporan dari Pemkab daerah itu menyatakan bahwa hampir setiap tahun terjadi longsor di kawasan ini. Dimana, sedikit demi sedikit badan jalan terkikis.

“Tapi belum ada laporan kasus kecelakaan di situ. Tapi area itu menjadi titik rawan kecelakaan,” tambahnya. 

Baca: Waspada Saat Mudik! Ada 6 Titik Rawan Lintas Selatan di Riau

Untuk jalan lintas yang perlu diwaspadai ada 26 daerah rawan kecelakaan. Termasuk daerah rawan longsor dan jalan berlobang. Antisipasi petugas di setiap posko itu tugas kabupaten/kota. 

“Kami hanya monitoring, evaluasi dan menerima pelaporan. Personil dari Dishub sendiri 133 personil yang akan diturunkan,” katanya. (bpc3)