Ghatib Beganyut Cara Tokoh Masyarakat Hindari Siak dari Bencana

Jumat, 20 November 2015 22:41
Ghatib Beganyut Cara Tokoh Masyarakat Hindari Siak dari Bencana

BERTUAHPOS.COM(BPC) SIAK – Tradisi Ghatib Beganyut di Kabupaten Siak Sri Indrapura, kembali digelar jum’at malam (20/11/2015). Selain bertujuan menghindarkan Negeri Istana dari musibah, juga dapat menunjang upaya, untuk menjadikan Kabupaten Siak, sebagai destinasi wisata religius di Provinsi Riau.

“Ghatib Beghanyut lebih tepat kita kembangkan sebagai event wisata religi yang bernuansa islami”Bupati Siak Drs.H. Syamsuar,MSi dihadapan alim ulama dan tokoh adat dan masyarakat saat melepas rombongan peserta Ghatib Beghanyut di Pelabuhan Internasional LLASDP Siak Sri Indrapura jum’at malam.

Advertisement

Adapun kegiatan yang dilakukan saat beghanyut yakni melaksanakan zikir dan tahlil berjamaah diatas sampan dengan berhanyut di Sungai Siak.

Hal ini bisa Menjadi daya tarik bagi pendatang dengan nuansa religius, Sejumlah tokoh adat dan ulama turut serta dalam tradisi tahunan ini.

Baca: Jalan Lintas Bono Butuh Perbaikan Cepat

“Ini merupakan kegiatan dari tahun ketahun disetiap bulan safar,” terang Hj. Wan Anwar selaku ketua adat melayu kabupaten siak.

tradisi melaksanakan zikir dan tahlil berjamaah diatas sampan dengan berhanyut di Sungai Siak ini sebelumnya dirangkai dengan kegiatan ziarah kemakam sultan-sultan Siak.(ely)