Demi Keselamatan Turis, London Buat Lampu Penyebrangan ‘Pintar

Jumat, 21 Maret 2014 07:39

BERTUAHPOS.COM, LONDON – Demi menjaga keamanan dan keselamatan turis di jalanan, pihak kepolisian dan pemerintahan London membuat lampu penyebrangan ‘pintar’. Lampu merah akan menyala lebih lama jika masih banyak pejalan kaki yang menyebrang jalan. Asyik!

London adalah kotanya pejalan kaki. Pedestarian yang asri di sana membuat turis nyaman berjalan di London dan mampir ke berbagai destinasi. Di lain sisi, London juga penuh oleh banyaknya mobil yang berlalu-lalang.

Untuk itulah, London akan meluncurkan lampu penyebrangan ‘pintar’ di musim panas tahun ini. Dilansir dari Daily Mail, Jumat (21/3/2014) lampu penyebrangan tersebut bernama SCOOT (Split Cycle Offset Optimisation Technique).

Lampu penyebrangannya akan dilengkapi oleh kamera video dan sensor otomatis yang bisa mendeteksi berapa banyak orang menyebrang dan kecepatan kakinya. Jadi kalau masih banyak orang yang menyebrang jalan, maka lampu merah untuk kendaraan akan menyala lebih lama. Lampu hijau untuk pejalan kaki pun akan menyala lebih lama. Bahkan, teknologi lampu penyebrangan seperti ini diklaim sebagai yang pertama di dunia!

Baca: Lion Air Dikabarkan Batalkan Penghapusan Free Bagasi, Agent: Bayar Kok!

“Saya senang London menjadi kota pertama yang menggunakan teknologi seperti ini yang akan bermanfaat bagi seluruh pejalan kaki,” ujar walikota London, Boris Johnson.

Ujicoba lampu penyebrangan ‘pintar’ akan digunakan di Balham dan Tooting Bec Underground. Ke depannya, lampu penyebrangan ‘pintar’ ini akan terdapat di 3.000 lokasi di dalam Kota London.

“Inovasi seperti ini adalah kunci untuk menjaga London bergerak secara efisien dan membuat jalanan kita lebih aman untuk semua orang,” tutur Jhonson.

Tampaknya, Jakarta juga bisa mencontoh lampu penyebrangan ‘pintar’ milik London ini.(detik.com)