Armada Sungai dan Laut Siap Hadapi Arus Mudik Lebaran

Kamis, 24 Juli 2014 15:59

BERTUAHPOS,COM, PEKANBARU – Jelang lebaran Idul Fitri 1435, Dinas Perhubungan Provinsi Riau melakukan inspeksi mendadak di beberapa tempat. Salah satunya di Pelabuhan Sungai Duku, hal ini guna melihat kesiapan menjelang lebaran.

“Angkutan sungai dan laut, kita sudah pantau terutama pelabuhan untuk angkutan sungai seperti pelabuhan Buton, Sei Pakning dan Bengkalis. Berdasarkan pantauan kami hingga kemarin belum ada lonjakkan yang signifikan.

Tetapi kita sudah mengantisipasi dengan menambah armada untuk Dumai Tanjung Kapal, kita sudah siapkan kapal yang lebih besar seperti Kapal Motor Penumpang (KMP) Kakap yang bisa mengangkut 16 kendaraan,” ujarnya, Kamis(24/07/2014).

Begitu juga untuk Sei Pakning- Bengkalis sudah ditambah jam operasi. Terutama pada pola keberangkatan tidak lagi berpatokkan pada jadwal keberangkatan tetapi disesuaikan dengan kondisi. Artinya begitu kapal penuh langsung berangkat dan diisi dengan kapal baru.

Baca: Mau Voucher 125 Ribu, Ikut kontes Dragon Cookies Yuk

Sedangkan untuk Pelabuhan Tanjung-Batam sudah menambah dua kapal, satu langsung dari Buton ke Tanjung Bali Karimun dan Buton ke Batam dan mudah-mudahan dua kapal ini sudah siap beroperasi.

Untuk persiapan Angkutan Laut juga sama seperti angkutan sungai, dan sudah ada peningkatan. “Seperti tadi kita ke Pelabuhan Sungai Duku Tujuan Pekanbaru – Selat Panjang,” tambahnya.

Kapal yang ada juga dicek betul untuk keselamatan penumpang, serta kelengkapan keselamatan seperti pelampung. Dimana jumlah pelampung harus 10 persen lebih banyak dari jumlah penumpang (yogi)