5 Cara Habiskan Libur Akhir Pekan Tanpa Ingat Kerjaan

Selasa, 24 Desember 2013 15:49
5 Cara Habiskan Libur Akhir Pekan Tanpa Ingat Kerjaan

BERTUAHPOS.COM – Saat ini kebanyakan pegawai mulai sulit membedakan mana hari libur dan kerja. Artinya saat sedang bekerja, para pekerja seringkali memikirkan waktu libur. Uniknya saat sedang libur di hari Sabtu dan Minggu, karyawan tersebut justru sibuk memikirkan pekerjaan di hari Senin.

Seperti dikutip dari The Simple Wisdom, Anda harus mulai memahami dan membedakannya. Di hari libur, pastikan Anda punya cukup waktu untuk bersenang-senang dan menikmatinya.

Advertisement

Agar bisa terlepas dari situasi kerja di libur akhir pekan, berikut 5 cara sederhana melakukannya:

1. Tuntaskan semua pekerjaan di hari Jumat

Baca: Murah! Paket Pernikahan Hotel Furaya Hanya Rp 46 Jutaan

Sulitnya berlibur pada Sabtu karena Anda seringkali gagal menyelesaikan seluruh pekerjaan di hari sebelumnya. Pikirkan seluruh pekerjaan yang cenderung terlintas di akhir pekan.

Sebut saja, Anda harus menyelesaikan laporan di hari Senin, pastikan semuanya telah selesai pada Jumat malam, Dengan begitu, dua libur akhir pekan Anda tak akan terganggu. Lakukan semua rencana yang Anda inginkan guna menekan rasa stress.

2. Beritahu rencana liburan ke rekan kerja

Biasanya saat berlibur, Anda harus terganggu dengan deringan telepon atau SMS dari rekan kerja yang bertanya soal pekerjaan. Sebaiknya, di hari kerja, Anda memberitahu teman sekantor tentang berbagai kegiatan yang akan dilakukan di akhir pekan.

Katakan di jam-jam tertentu Anda tak akan bisa dihubungi. Maka orang lain akan menghargai waktu libur Anda.

3. Buat daftar untuk berkata tidak

Banyak orang seringkali merasa kesulitan untuk berkata tidak pada orang lain karena takut mengecewakannya. Kadang ada orang yang sulit mengatakan tidak guna menghindari suasana yang tidak nyaman.

Akant tetapi Anda harus berani berkata tidak jika memang ingin memiliki waktui sendiri. Buatlah daftar kegiatan yang akan dan tidak mau Anda lakukan. Jadi saat seseorang mengajak Anda melakukan sesuatu, Anda cukup berkata tidak karena telah memiliki janji lain.

4. Ingat apa tujuan Anda bekerja

Mayoritas pegawai melupakan tujuannya bekerja saat sudah tenggelam ke dalam dunia karir. Kadang ketakutan dan pikiran akan pekerjaan justru membuat Anda sulit mencapai tujuan profesional pribadi.

Maka cobalah ubah cara berpikir Anda agar bisa menikmati libur akhir pekan. Katakanlah dalam pikiran Anda, “Jika saya tak menikmati apa yang ada di depan saya sekarang, maka saya tak akan pernah bisa sukses secara profesional karena tak pernah bisa menikmati apa yang sedang saya miliki sekarang”.

5. Relaksasi

Bernafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan dapat membantu tubuh Anda lebih santai. Ulangi selama 5 hingga 10 kali di pagi hari saat sedang libur akhir pekan. Rasa tenang akan mengguyur pikiran dan hati Anda yang dapat membuat hidup terasa lebih nikmat. (Sis/Ndw/liputan6.com)