Segi 6 Misterius Saturnus, Ilmuan : Itu Aliran Atmosfer di Dalam “Raksasa Gas”

Senin, 22 Juni 2020 11:17
Segi 6 Misterius Saturnus, Ilmuan : Itu Aliran Atmosfer di Dalam “Raksasa Gas”

BERTUAHPOS.COM — Planet Saturnus belakangan mencuri perhatian pada Ahli Tata Surya. Para ilmuan meyakini bahwa planet ini memiliki keunikan yang sama dengan Jupiter.

Baik Saturnus dan Jupiter sama-sama memiliki badai gas berputar. Hal ini membuat banyak para ilmuan berdecak kagum ketika diamati dengan teleskop.

Syfy melaporkan bahwa Saturnus punya segi 6 misterius di bagian kutub Utaranya. Bahkan, pesawat ruang angkasa — seperti L Voyager 1, Cassini — tak bisa terjun sedalam itu untuk menyelidiki lebih lanjut.

Ilmuwan dari Harvard University, Rakesh Yadav dan Jeremy Bloxham berupaya mencari tahu apakah yang menyebabkan fenomena aneh tersebut.

Baca: Sempat Dikabarkan Akun IG Dibanned, Ini Klarifikasi Ustaz Abdul Somad

Keduanya menyakini bahwa pusaran terjadi di kutub utara Saturnus karena aliran atmosfer jauh di dalam raksasa gas.

Pusaran itu terlihat mengentuh jet horizontal yang intens di dekat khatulistiwa. Hal ini pula membuat badai berubah menjadi segi enam.

Mengutip Republika, pola aliran heksagonalpada Saturnus inilah yang menjadi contoh mencolok dari pengaturan turbulensi tersebut.

“Namun, mekanisme pembentukan dan kedalamannya masih belum jelas,” ujar Yadav dan Bloxham dalam sebuah penelitiannha baru-baru ini.

Voyager 1 kali pertama menyaksikan turbulensi aneh ini di tahun 1981. Cassini juga melihatnya sekilas, namun tak ada pesawat ruang angkasa dirancang cukup baik untuk menyelidiki tentang asal muasal segi 6 itu. (bpc3)