Cara Efektif Menghemat Baterai Ponsel, Nomor Satu Paling Mudah

Jumat, 11 Maret 2016 13:58

BERTUAHPOS.COM (BPC)– Saat ini hampir semua kalangan sudah banyak memiliki smartphone atau ponsel pintar berbagai merek. Mulai dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta disertai dengan kecanggihan perangkat masing-masing.

Hanya saja sering menjadi keluhan pemilik ponsel pintar yakni, daya baterai yang cepat habis atau boros. Sebenarnya bukan hal aneh, sebab daya baterai juga terserap oleh berbagai aplikasi yang berjalan di background, widget, atau bahkan layar yang terlalu terang.

Kini seperti dilansir dari liputan6, Anda tak perlu khawatir lagi smartphone Anda tiba-tiba mati karena kehabisan baterai. Berikut ini lima cara memperpanjang daya baterai smartphone, yang Tekno Liputan6.com himpun dari Life Hack, Jumat (11/3/2016) tanpa harus punya power bank.

1. Mengatur Kecerahan Layar
Sering kali dengan sengaja, kita mengatur kecerahan layar hingga mencapai kecerahan maksimum. Padahal tanpa disadari kebiasaan ini menguras daya baterai smartphone. Soluisinya atur kecerahan layar seperlunya.

Baca: Vivo V5, Android Terlaris Jelang Lebaran di Mal Pekanbaru

Jika smartphone Anda dilengkapi oleh sensor cahaya, biasanya ada fitur auto brightness (kecerahan otomatis). Jadi kecerahan layar akan menyesuaikan dengan cahaya di sekitarnya.

2. Mempersingkat Timeout Layar
Ketika Anda menggenggam smartphone Anda–untuk mengetik e-mail, membalas pesan di WhatsApp, dan sebagainya–tentu saja layar smartphone perlu tetap menyala. Namun begitu Anda selesai dan meletakkannya, layar smartphone Anda kadang masih saja menyala. Nah, tak ada salahnya bila Anda menyetel timeout layar ke waktu minimum.

3. Mematikan cek e-mail Otomatis
Salah satu fitur menarik di smartphone adalah push-mail. Dengan fitur ini, smartphone akan secara otomatis menerima setiap e-mail yang masuk. Pertanyaannya adalah, apakah setiap orang perlu fitur ini? Jawabannya, tidak.

Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mematikan push-mail dan mengecek e-mail secara manual. Alternatif lainnya, Anda dapat menyetel push-mail dengan interval tertentu, misalnya per 30 menit, 60 menit, atau 90 menit.

4. Mematikan Vibrasi (getar)
Sebagian di antara Anda mungkin suka menyetel smartphone di profil getar, utamanya ketika sedang berada di situasi penting seperti di sebuah rapat. Kali ini, sebaiknya Anda memikirkannya kembali karena getar ternyata memakan lebih banyak daya baterai ketimbang sebuah ringtone.

5. Menyingkirkan Widget
Memasang widget memang kelihatan keren. Tapi coba pikir sejenak, apa Anda betul-betul memerlukan widget tersebut? Jika tidak, lebih baik Anda menyingkirkannya, terutama widget yang harus selalu terhubung ke internet seperti widget informasi cuaca. Bila memasang beberapa widget yang terus-menerus memperbarui informasinya melalui koneksi internet, mereka memakan banyak daya baterai.

Sumber: liputan6