Begini Caranya untuk Mengembalikan Android yang Hang Akibat Wallpaper Pemandangan

Senin, 01 Juni 2020 13:38
Begini Caranya untuk Mengembalikan Android yang Hang Akibat Wallpaper Pemandangan

BERTUAHPOS.COM — Bagaimana mungkin sebuah foto yang biasa dipakai untuk wallpaper (layar belakang), bisa bikin pada HP atau smartphone hang Itulah yang kini menjadi buah bibir pengguna Android di seluruh dunia saat ini. Sebuah foto danau dengan latar belakang pegunungan yang katanya bisa membuat smartphone Samsung mengalami masalah operasi saat digunakan sebagai wallpaper.

Hal tersebut pertama kali diungkapkan oleh akun Twitter @Universelce pada Minggu, 31 Mei 2020. “AWAS!!! Jangan pernah mengatur foto ini sebagai wallpaper, terutama untuk pengguna ponsel Samsung! Ini akan menyebabkan ponsel nge-hang! Jangan coba! Jika seseorang mengirimi gambar ini, abaikan saja,” cuit akun @UniverseIce, seperti dikutip dari bisnis.com.

Advertisement

Ribuan akun merespon cuitan itu. Sebagian besar diantaranya penasarn lalu memakai foto itu sebagai wallpaper pada smartphone mereka. Alhasil, terjadi kendala dan mereka lalu melaporkan. Sebagian besar adalah pengguna ponsel Android Samsung.

Selain itu, ponsel Android yang dilaporkan mengalami masalah adalah Google Pixel 2. Masalahnya hampir sama, setelah foto tersebut dijadikan wallpaper, ponsel mendadak hang dengan tampilan layar berkedip-kedip.

Baca: Survei Membuktikan Masih Ada yang Percaya Corona Konspirasi

Redaksi media itu, melakukan eksperimen dengan memasang wallpaper tersebut di dua ponsel berbeda, yakni Samsung Galaxy M11 dan Xiaomi Redmi Note 5. Samsung Galaxy M11 mengalami hang sama seperti yang disampaikan oleh warganet, mendadak hang dengan layar berkedip-kedip. Tak lama kemudian, layar menampilkan menu recovery mode layaknya ponsel yang mengalami bootloop atau gagal booting.

Cara mengembalikan ponsel ke kondisi normal

Ada hal yang bisa dilakukan untuk membuat ponsel kembali normal. Pertama, dengan melakukan restart atau menghidupkan kembali ponsel berulang-ulang. Cara ini tak berhasil ketika dicoba. 

Kedua, menghapus seluruh data dan setelan yang terpasang pada ponsel dan mengidupkannya menggunakan safe mode. Cara ini sukses membuat ponsel kembali normal. 

Ketiga, bawa ponsel Anda ke service center Samsung. (bpc3)