Inilah Bukti Manusia Purba Juga Makan Karbohidrat

Sabtu, 04 Januari 2020 05:40
Ilustrasi Homo Habilis berburu (Foto: Istimewa/net)

BERTUAHPOS.COM – Ada sisa-sisa tanaman berpati ditemukan arkeolog di sebuah situs sejarah di Afrika Selatan. Atas penemuan ini para ilmuan meyakini bahwa manusia purba juga memasak nabati, makanan kaya karbohidrat sekitar 170 ribu tahun silam.

Penemuan ini semakin menguatkan keyakinan para ilmuan bahwa manusia purba juga mengkonsumsi makanan dengan kerbohidrat tinggi. Hal itu dituangkan dalam sebuah jurnal Science Advances.

Para arkeolog ini meyakini sisa-sisa tanaman ini berasal dari bagian batang bawah tanah yang tebal, dikenal sebagai rimpang. Ini memberikan bukti langsung paling awal tentang pemanggangan tanaman yang dikemas dengan karbohidrat.

Menurut Lyn Wadley, seorang arkeolog di Wits University’s Evolutionary Studies Institute di Johannesburg, yang juga sekaligus penulis utama studi ini, spesimen tersebut adalah rimpang matang tertua yang pernah ditemukan.

Tim peneliti mengatakan makanan hewani dari manusia purba telah dipelajari secara luas, namu tak banyak informasi tentang makanan nabati.

Baca: Tak Perlu SIM Card dan WIFI untuk Internetan dengan Smartphone Ini

Hal itu karena selama tulang dan alat batu yang tertinggal dari kegiatan perburuan manusia telah diawetkan dengan jauh lebih baik dibandingkan makanan nabati yang mudah rusak.

Namun, para peneliti mengatakan bahwa meski karbohidrat nabati hampir pasti berkontribusi banyak terhadap nutrisi kuno, tetap belum jelas kapan manusia pertama kali mulai memakannya.

Sebelumnya, sebuah tim ilmuwan internasional menemukan rimpang yang terbakar dan berusia 170 ribu tahun itu masih ada pada lima tahun lalu di situs Border Cave.

Saat menganalisis spesimen, tim menemukan bahwa itu adalah tanaman berbunga kecil yang dikenal sebagai Hypoxis angustifolia, yang memiliki rimpang putih dan dapat ditemukan tumbuh di seluruh Afrika selatan. (bpc3)

Berita Terkini

Sabtu, 29 Februari 2020 07:05

Mahfud MD Jadi Korban Batal Umrah

ISLAMPEDIA

Sabtu, 29 Februari 2020 05:08

Pasar Tebet Jadi Pasar Pertama Tanpa Kantong Plastik

LINGKUNGAN

Jumat, 28 Februari 2020 17:19

Pertama Kalinya Riau, 2 Hutan Adat Dapat Pengakuan Negara

LINGKUNGAN

Jumat, 28 Februari 2020 14:25

33 Tentara Turki Tewas dalam Serangan Udara

INTERNASIONAL

Jumat, 28 Februari 2020 12:27

1.948 Jemaah Urah Indonesia Batal Berangkat ke Saudi

ISLAMPEDIA