100 Cara Bahagia Bagi Orang Sibuk

Senin, 14 Maret 2016 14:19

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Banyak orang heran karena saat ini studi tentang kebahagiaan telah menjadi sebuah ilmu pengetahuan. Mengapa bisa begitu? Bukankah kebahagiaan adalah sesuatu yang apa adanya, sesuatu yang datang dan pergi secara tak terduga dan hanya dialami oleh segelintir orang saja?

Jadi bagaimana kita bisa menangkap kebahagiaan, mengukur dan menganalisisnya sebagaimana lazimnya dalam ilmu pengetahuan?

“Saya terlalu sibuk untuk bisa bahagia”. Sebagian besar dari kita mungkin pernah berfikir demikian. Padahal untuk meraih kebahagiaan bukanlah tugas yang amat berat. Kita sering tidak menyadari, yang sederhana pun bisa membahagiakan diri dan orang-orang yang kita sayangi.

Persyaratan minimal agar level kebahagiaan seseorang bisa meningkat adalah dengan menerapkan kedisiplinan. Pada keping satu, ’20 cara membentuk kebiasaan bahagia’, dan bisa membangun kebiasaan yang baru dalam waktu kira-kira empat minggu.

Baca: Thor Ragnarok: Hancurnya Asgard, Dunia Para Dewa

Tak ada yang berbau mistis dalam proses ini; ini hanyalah soal cara otak kita bekerja (kita perlu membuat Jalan kecil bagi syaraf dan perilaku agar terbentuk cara-cara baru dalam melakukan sesuatu). Dengan kata lain, anda tidak akan mendapatkan manfaatnya jika anda tidak mempraktekkannya sesering dan serutin mungkin.

Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar praktik yang disarankan dalam buku yang berjudul I’m Happy karangan Dr. Timothy J. Sharp ini dapat dengan mudah disisipkan dalam rutinitas harian anda. Beberapa contoh sederhana antara lain:

1. Membuat daftar hal-hal yang patut disyukkuri.
2. Berbuat baik sekecil apa pun, di mana pun, dan untuk siapapun.
3. Menantang pikiran-pikiran negatif setiap kali mereka muncul.
4. Melawan stres (mush kebahagiaan) dengan sejumlah teknik pernapasan relaksasi.
5. Menghabiskan waktu dengan orang dalam hidup anda yang menurut anda memiliki pengaruh positif.

Buku ini menyajikan 100 cara sederhana dan mudah dipraktikkan untuk menggapai bahagia bagi anda yang sibuk. Prektikkan sesering yang anda bisa, karena itu adalah kuncinya.

Judul Buku : I’m Happy (100 Cara Bahagia Bagi Orang Sibuk)
Buku Karangan : Dr. Timothy J. Sharp
Penerbit : Raih Asa Sukses (RAS)
Jumlah Halaman : 216 Halaman