Jumlah Anak Divaksin Polio Lebihi Target di Bengkalis

Senin, 14 Maret 2016 14:29

BERTUAHPOS(BPC),BENGKALIS– Pelaksanaan pekan imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kabupaten Bengkalis capai  52.328 anak selama pekan terakhir.

Kepala bidang  Pin Polio Kabupaten Bengkalis, Edi Yanto mengatakan kepada bertuah pos, Senin (14/3/16)  saat ini  Pelaksanaan Pin polio yang dimulai dari tanggal 8 hingga 14 maret dan akan berakhir besok tanggal 15 maret. Dari data yang diperoleh anak yang telah diimunisasi pin polio  sebanyak 52.328 anak  dengan  jika dipersentasikan sekitar  110 %  dari anak  yang telah di imunisasi.

“Kemarin target kita anak yang diimunisasi berjumlah 47.736 dari  anak yang mendapat imunisasi,  dan kenyataan dilapangan anak yang mendapatkan imunisasi untuk saat ini udah mencapai 52.328 anak yang telah mendapatkan vaksin polio ini,” ujar Edi.

Selisih yang sangat jauh ini dikarenakan banyaknya pendatang yang   dari luar wilayah Bengkalis. Para pendatang baru yang tinggal di Bengkalis, dan anak tersebut tetap mendapatkan vaksin polio.

Baca: SMP Islam YLPI Wajibkan Siswanya Sebelum Tamat Hafal Juz 30

“Kita tidak akan ada anak yang berumur 0-59 bulan yang tidak mendapatkan vaksin polio,” kata Edi. Pihaknya juga telah berkerja sama dengan pihak kelurahan, serta kepala desa agar seluruh  anak-anaknya mendapatkan vaksin polio.

“Pihak  kita tidak terpatok kepada  data yang ada tetapi  kita harus memberikan vaksin kepada seluruh anak   yang ada dikabupaten Bengkalis, walaupun anak itu pendatang dari luar Bengkalis, namun kita akan tetap memberikan vaksin polio,” ujar Edi.

Meskipun sasaran anak yang ditargetkan melebihi dari target  yang didata pihak dari dinas kesehatan telah menyediakan vaksin, agar seluruh anak mendapatkan vaksin polio.

Jika terjadi kekurangan  vaksin, pihaknya akan menggunakan vaksin polio yang rutin digunakan dan  akan diberikan kepada anak tersebut. Untuk  saat ini untuk setiap puskesmas wajib mengirimkan data  anak yang mendapatkan vaksin polio.

Anak-anak yang sudah mendapatkan vaksin polio akan memiliki kekebalan tubuh  yang lebih baik dari pada anak yang belum mendapatkan vaksin polio tersebut.

Bagi para ibu-ibu diharapkan agar segera membawa anaknya ke puskesmas terdekat  untuk mendapatkan vaksin polio untuk anaknya. Agar semua anak di Kabupaten Bengkalis mendapakan vaksin  polio sebelum tanggal 15 maret 2016.

Penulis: Sifa