WNA Di Lombok yang Belum Urus Perpanjangan Izin Bakal Kena Denda

Senin, 21 September 2020 16:28
WNA Di Lombok yang Belum Urus Perpanjangan Izin Bakal Kena Denda

BERTUAHPOS.COM — Warna Negara Asing di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang belum melakukan perpanjangan izin dipastikan akan dikenakan denda. 

Batas pengurusan perpanjang izin untuk WNA sudah berakhir pada Minggu 20 September 2020. “Kalau tidak diperpanjang hingga batas waktu yang ditentukan maka dianggap overstay dan bakal dikenakan denda,” kata Kepala Imigrasi Kelas IA TPI Mataram Syahrifullah.

Advertisement

Sebelumnya Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor IMI-GR.01.01-0409 tanggal 18 Agustus lalu mengenai izin tinggal keadaan terpaksa karena faktor pandemi Covid-19.

Dalam surat tersebut, WNA diberikan keringanan dalam memperpanjang izin tinggalnya. “Mereka dapat tinggal lebih lama hingga 20 September ini,” jelasnya.

Baca: COVID-19 RIAU: Bertambah 29 Kasus, Total Sudah 606 Kasus

Saat ini, izin tinggal terpaksa itu belum diperpanjang. Sehingga, WNA yang sudah habis masa izin tinggalnya diminta keluar dari Indonesia. ”Jika tidak, mereka bisa dikenakan denda Rp1 juta per hari,” tegasnya.

Syahrifullah mengatakan, untuk menindak WNA yang overstay di masa pandemi masih dilematis. Karena penerbangan ke negara tujuan para WNA ditutup. 

“Kalau tidak salah ada 59 negara yang menutup akses penerbangan untuk Indonesia,” sebutnya.

Syahfirullah belum memastikan akan membebankan denda atau tidak terhadap WNA yang masa izin tinggalnya habis. ”Dilematis kalau kita tindak dalam keadaan seperti ini (pandemi Covid-19),” terangnya.  (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 28 Oktober 2020 18:10

STISIP Persada Bunda Jalani Asesmen Lapangan oleh BAN PT Secara Daring

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisip)…

Rabu, 28 Oktober 2020 14:46

Menghentikan Ancaman Hidrometeorologi, Cabut Izin Korporasi Perusak Hutan

#hutan #Hidrometeorologi

Rabu, 28 Oktober 2020 14:22

UMP Riau Sudah Ditetapkan

#ump #upah

Rabu, 28 Oktober 2020 14:13

Sri Mulyani: Pemda Akan Disuntik Insentif

#srimulyani #keuangan

Rabu, 28 Oktober 2020 14:01

Hati-hati Munafik Beribadah Kepada Allah

ISLAMPEDIA