Tenaga Medis di Riau Sudah Ada yang Diisolasi? Ini Penjelasan Kadiskes Riau

Kamis, 26 Maret 2020 10:02
Tenaga Medis di Riau Sudah Ada yang Diisolasi? Ini Penjelasan Kadiskes Riau

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU—Terhadap beberapa isu yang beredar bahwa sudah ada tenaga medis di Riau dilakukan isolasi karena mereka diduga tertular virus Corona.

Hal itu terjadi setelah mereka (tenaga medis) melakukan kontak dengan satu pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

Advertisement

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir meluruskan bahwa para tenaga medis tersebut tidak dilakukan isolasi.

“Bukan dilakukan isolasi. Mereka (tenaga medis) hanya dilakukan swab. Baik (tenaga medis) yang kontak dengan korban saat di Puskesmas, maupun yang di rumah sakit,” kata Mimi.

Baca: Pengawasan Wilayah Perbatasan Antar Provinsi Longgar, Ini Kata Dishub Riau

Dijelaskan, tindakan uji sampel terhadap tegana medis yang melakukan kontak dengan pasien positif corona, sudah menjadi prosedur yang harus dilakukan, sebagai bentuk upaya antisipasi penyebaran wabah dari pasien positif ke manusia lainnya yang berinteraksi dengan korban.

“Jadi mereka (tenaga medis) tetap harus dilakukan swab karena sudah melakukan kontak dengan pasien yang positif Covid-19. Sampai saat ini masih kami tunggu hasil tesnya. Kami memastikan mereka tidak dibenarkan berkegiatan tanpa menggunakan alat pelindung diri,” sambung Mimi.

Mimi tidak menjelaskan secara rinci berapa total jumlah tenaga medis yang melakukan kontak dengan pasien positif corona.

Hanya saja, dijelaskannya, ada beberapa tenaga medis di Puskesmas dan di RSUD Arifin Achmad yang melakukan kontak tersebut. (bpc3)