Syamsuar Klaim Jumlah Swab di Riau Lampaui Tergat Pusat

Kamis, 30 Juli 2020 16:05
Syamsuar Klaim Jumlah Swab di Riau Lampaui Tergat Pusat
Ilustrasi swab. (Foto: net)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar mengklaim bahwa total keseluruhan jumlah pelaksanaan sampel swab di Riau sudah melebihi dari indikator terget yang ditetapkan oleh Satgas COVID-19 pusat.

Dia mengatakan, sebelumnya, Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 secara nasional menetapkan indikator jumlah ideal, untuk melihat penyebaran wabah corona di setiap daerah. Yakni dengan swab minimal 3.500 per 1 juta penduduk.

Advertisement

“Jika sudah dilakukan swab dengan perbandingan demikian maka bisa dilihat penyebaran COVID-19 di suatu wilayah. Hasil swab juga akan memberikan gambaran apakah penyebaran virus semakin meluas atau tidak,” kata Syamsuar, Kamis, 30 Juli 2020.

Sementara itu, dia menjelaskan total jumlah penduduk di Riau setakat ini hampir mendekati 7 juta jiwa. Dengan demikian, idealnya jumlah warga yang diswab, jika merujuk pada indikator tersebut, setidaknya 24 ribu jiwa di Riau sudah harus diswab.

Baca: Daya Beli Masyarakat Terhadap Sapi Kurban di Riau Turun

Sementara itu, dalam catatan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Riau per 30 Juli 2020 total spesimen yang sudah dilakukan swab di laboratorium biomolekular Arifin Achmad berjumlah 26.365 sepsimen. “Angka inilah yang saya sebut melebihi terget,” sambungnya.

Dalam beberapa waktu kedepan, Pemprov Riau memberi terget kepada setiap daerah agar menyelesaikan swab massal. Dorongan ini tidak hanya diberikan kepada Pemda. Tapi juga pihak swasta, yang nantinya diharapkan bisa membantu memfasilitasi terhadap warga yang ingin swab. (bpc2)