Sumbar Harus Siap Hadapi Lonjakan Kasus

Minggu, 06 September 2020 10:30
Sumbar Harus Siap Hadapi Lonjakan Kasus
Kantor Gubernur Sumbar.

BERTUAHPOS.COM — Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) harus siap dengan potensi adanya lonjakan kasus Covid-19. Para ahli epidemiologi sejak awal sudah menperkirakan, eskalasi lebih tinggi kasus corona bisa saja naik di provinsi itu.

“Sumatra Barat harus bersiap menghadapi lonjakan pasien Corona Virus Disease (Covid-19). Persiapan itu di antaranya dengan menyiapkan fasilitas dan prasarana kesehatan yang dibutuhkan,” kata Epidemiolog yang merupakan Konsultan Penanganan Bencana WHO John Prawira.

Advertisement

Dia mengungkapkan, seperti dilansir dari Antara, ketersedian fasilitas rumah sakit dan kesehatan lainnya yang memadai perlu dipersiapkan sejak kini, sebagai bantuk upaya antisipasi terhadap adanya potensi lonjakan kasus.

Menurut dia dalam menghadapi lonjakan pasien secara tiba-tiba rumah sakit dan fasilitas kesehatan harus memiliki persiapan mulai dari hal yang paling sederhana seperti ketersediaan oksigen yang dibutuhkan. 

Baca: Penemuan Mayat Di Tarok Dipo Bukittinggi, Diduga Karena Sakit

“Memang pada tahap awal masyarakat sudah ditanamkan untuk melaksanakan protokol kesehatan seperti cuci tangan, pakai masker dan lainnya, namun jika tetap terinfeksi maka yang akan menghadapi adalah rumah sakit,” katanya. (bpc2)