Riau Tergetkan Laboratorium Uji Swab Corona Beroperasi Pekan Depan

Kamis, 02 April 2020 18:52

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau menargetkan Laboratorium Kesehatan sudah bisa dilaksanakan pada pekan depan. Dengan demikian Riau sudah bisa melakukan uji lab sendiri terhadap pasien suspect Covid-19.

Gubernur Riau, Syamsuar menyatakan sudah membeli peralatan Labor Kesehatan (Labkes) guna mempercepat penanganan covid-19 Riau, dan alatnya sekarang sedang berada di Singapura.

“Tadi saya bersama Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir dan Jubir Covid-19 Riau, dr Indra Yopi dan juga Dirut RSUD Arifin Achmad Nuzelly Husnedi sudah melakukan penijauan labkes Riau. Dan lab kita ini berada dalam rumah sakit Arifin Achmad,” ungkap Gubri Syamsuar, Kamis 02, April 2020, di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Adapun nilai investasi yang dikeluarkan Pemprov Riau untuk membangun laboratorium tersebut sebesar Rp7 Miliar. “Sekarang sedang ada pengerjaan dan pembenahan dalam ruangan lab tersebut, untuk menyesuaikan dengan standart lab yang di harapkan oleh WHO,” sebut Gubri.

Baca: Pekanbaru Ditetapkan Zona Merah COVID-19

Dia menambahkan, rencana pemasangan peralatan labor tersebut juga dilaksanakan pada pekan depan. Syamsuar menyebut pembangunan dan operasional laboratorium kesehatan milik provinsi ini telah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.

“Dan kalau kemampuan lab ini sendiri, bisa melakukan swab untuk 60 orang satu harinya. Intinya dengan adanya lab ini dapat lebih mempermudah serta mempercepat Riau dalam mengetahui hasil swabnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berlaku besok, Jumat, 03 April 2020, Riau telah menaikkan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat non bencana alam (Covid-19). Dengan dinaikkannya status tersebut, aktivitas penanganan Covid-19 di Riau akan lebih gencar dilakukan. (bpc3)