Riau Sudah Keluarkan Himbauan Larang Mudik Lebaran untuk Tahun Ini

Senin, 30 Maret 2020 13:12

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau telah mengeluarkan himbauan larangan mudik ke kampung halaman bagi warganya. Himbauan ini berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19 di desa.

“Kami mengimbau untuk lebaran Idul Fitri tahun ini jangan mudik dulu lah. Di mana pun sekarang berada, sama juga, kampung kita juga ini,” katanya saat konferensi pers di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin, 30 Maret 2020.

Arahan Gubri, himbauan ini tidak lain untuk menyelamatkan diri dan keluarga di kampung halaman. Tidak hanya untuk mudik lebaran, kegiatan tradisj Balimau Kasai, Petang Megang, dan ziarah kubur juga diminta untuk ditiadakan.

“Bahkan kalau sudah ada rencana untuk kenduri, doa selamat untuk menyambut bulan Ramadan, sebaiknya tidak dilakukan untuk tahun ini. Cukup doakan orang tua kita dari rumah masing-masing saja,” ujar Syamsuar.

Baca: Berikut Ini Perbandingan Jumlah Kasus Positif COVID-19 Riau Menurut Jenis Kelamin

Dia menambahkan, penyuluhan mengenai Covid-19 harus sampai hingga ke tingkat RT dan RW. Langkah ini bisa dilakukan dengan melibatkan perangkat pemerintah seperti lurah dan Kepala Desa, dengan tujuan agar masyarakat hingga lapisan bawah mengerti tentang bahaya corona. (bpc3)