Riau Berharap PPAS Termanfaatkan dengan Tepat

Rabu, 09 September 2020 11:00
Riau Berharap PPAS Termanfaatkan dengan Tepat
Asisten II Setdaprov Riau Evarefita. (Foto: Melba / Bertuahpos.com)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Asisten II Setdaprov Riau Evarefita mengatakan Pemprov Riau berharap Perumahan, Pemukiman, Air Minum dan Sanitasi (PPAS) bisa termanfaatkan dengan tepat.

Menurutnya, sektor-sektor ini sebanarnya punya pelung besar untuk tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sebab itu, pemanfaatannya juga harus dirancang dengan baik.

Advertisement

Hal ini diungkapkan Evarefita dalam Kick Off Meeting Provinsi Pokja Bidang PPAS di kantor Gubernur Riau, Rabu, 9 September 2020.

“Pokja PPAS dapat mendorong dan memberikan pertimbangan kepada kepala bupati/walikota dalam menentukan arah yang tempat untuk strategi pembangunan sektor PPAS secara berkelanjutan di Provinsi Riau,” ungkapnya.

Baca: Riau Ajukan Permohonan Bantuan untuk Warga Rentan Miskin di Tengah Corona

Dia menambahkan, pelaksanaan Pokja ini sebenarnya sudah diatur dalam Permen PUPR Nomor: 12 Tahun 2020 tentang Peran Masyarakat dalam Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Pemukiman

Kesempatan seperti inilah, menurut Evarefita, bisa dijadikan sebagai tempat untuk saling berkomunikasi dan berkoordinasi, agar sumber daya air minum yang dimiliki Riau, serta sanitasi dapat dikelola secara terpau dan berkelanjutan secara benar.

Selain itu, pendataan terhadap kawasan perumahan dan pemukiman warga bisa dilakukan untuk tujuan advokasi, fasilitas, supervisi dan singkronisasi hingga ketingkat pusat.

Dia berharap dengan aktifnya Pokja PPAS dapat menjalankan fungsi untuk mendukung visi Riau hingga meningkatkan serapan APBN di daerah. (bpc2)