Panti Sosial di Riau Diminta Tetap Patuh Protokol Kesehatan

Jumat, 07 Agustus 2020 12:20
Panti Sosial di Riau Diminta Tetap Patuh Protokol Kesehatan
Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Dahrius Husein – Foto: Melba / Bertuahpos

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Panti sosial di Riau diminta untuk tetap memperhatikan dan patuh pada protokol kesehatan di tengah pendemi COVID-19.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Dahrius Husein mengatakan, para pengurus dan orang-orang di pasnti sosial harus lebih ketat dilindungi sebab akan sangat rawan jika wabah ini masuk ke panti-panti sosial.

Advertisement

“Terutama untuk panti jompo. Karena para lansia ini biasanya punya penyakit bawaan karena usia. Oleh sebab itu, kami akan tetap mengontrol dan mengawasi bagaimana protokol kesehatan tetap bisa diterapkan maksimal di panti sosial di Riau,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pengelola panti asuhan di Riau, untuk menekankan agar setiap penguji panti tidak diberikan kebebasan keluar masuk tanpa alasan yang jelas.

Baca: Tak Pakai Masker Didenda Baca Quran, Riau Perlu Contoh?

“Beberapa waktu lalu kami juga dapat informasi bahwa ada salah satu pegawai di salah satu panti sosial milik pemerintah, yang keluarganya positif COVID-19. Kami juga meminta kepada yang bersangkutan agar tidak masuk ke kantor dulu dan minta hasil swabnya. Baru diizinkan masuk bekerja,” kata Darius Husein.

Selain penerapan protokol kesehatan, penyemprotan disinfektan juga rutin dilakukan, terutama di panti sosial yang dikelola oleh pemerintah. (bpc2)