Jubir COVID-19: Kalau Kondisinya Seperti Ini, Riau Bisa 100 Kasus Sehari

Kamis, 06 Agustus 2020 14:15
Jubir COVID-19: Kalau Kondisinya Seperti Ini, Riau Bisa 100 Kasus Sehari
Para tenaga medis sedang melakukan pengecekan kondisi pasien positif COVID-19 – Foto: Istimewa.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Dalam kurun waktu 2 pekan belakangan, angka kasus terkonfimasi positif COVID-19 di Riau mengalami peningkatan signifikan. Pemerintah daerah sebaiknya melakukan langkah dan menanggapi masalah ini secara serius jika tidak ingin jumlah kasus meningkat lebih banyak.

“2 Minggu lalu kami sudah diskusi di internal. Apa yang terjadi di Riau saat ini sudah diperkirakan sebelumya. Kalau kondisinya tetap seperti ini, dan tidak ada perubahan secara jelas dari sisi kebijakan, maka jumlah orang yang terpapar virus akan lebih banyak dari saat ini,” ujar Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Riau dr Indra Yovi di Pekanbaru, Kamis, 06 Agustus 2020.

Advertisement

Dia menambahkan, pascalebaran Idul Adha, masa masih ada beberapa monetum penting yang akan di lalui, seperti HUT Riau, HUT RI dan lain-lain. Kondisi ini harus dibarengi dengan kebijakan yang mengikat agar orang-orang bisa patuh pada protokol kesehatan.

Diperkirakan, jika situasi selama sebulan kedepan tetap seperti saat ini, maka diperkirakan pada pertengahan September nanti, situasi terburuknya, di Riau bisa saja terjadi 100 kasus terkonfimasi positif dalam sehari. Hal ini, kata Indra Yovi, sudah bisa diukur dari jumlah kasus pada 04 Agustus dengan 71 kasus.

Baca: Pesawat TNI AU Jatuh di Kubang Viral di Instagram, Netizen : Aku Nengok Pas Meras Baju

“Jadi harus ada kebijakan dan pendisiplinan yang berbeda kedepannya untuk menghindari itu. Dan sudah harus dimulai segera. Sejauh ini kami melihat di Riau belum ada tanda-tanda penurunan jumlah kasus, justru potensinya akan terus bertambah,” ungkapnya. (bpc2)