Gubri : Tolong Perketat Pengawasan Warga yang Masuk

Selasa, 02 Juni 2020 14:14
Gubri : Tolong Perketat Pengawasan Warga yang Masuk

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Warga di Riau diminta untuk tetap waspada terhadap penyebaran wabah COVID-19. Salah satunya dengan memperketat pengawasan setiap orang masuk di lingkungan sekitar.

“Masalah ini harus diatasi dan diwaspadai bersama-sama. Makanya saya meminta kepada RT/RW juga aktif melakukan pengawasan secara ketat terhadap warga yang masuk di sekitar lingkungan Anda,” ujar Gubernur Riau Syamsuar, di Kelurahan Tengkerang Selatan, Pekanbaru, Selasa, 02 Mei 2020.

Dia menambahkan pengawasan ketat itu perlu dilakukan terutama terhadap warga pendatang. Terutama yang diwaspadai adalah pendatang yang dari zona merah penyebaran COVID-19. Oleh sebab itu RT/RW juga diminta terlibat aktif melakukan pengawasan.

“Siapapun dia yang baru masuk, kita harus mencatat namanya serta langsung dijadikan Orang Dalam Pemantauan (ODP) taati protokol kesehatan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” ucap Gubri.

Baca: CUACA RIAU: Siap-siap Hujan Siang Ini

Menurut Syamsuar, untuk saat ini sikap waspada harus ditingkatkan kepada siapun. Sebab saat ini juga banyak Orang Tanpa Gejala (OTG) karena walaupun kondisi sehat tidak ada jaminan dia negatif Covid 19.

“Walaupun orang yang datang itu telah di Rafid tes dan hasilnya negatif, tetap saja dia harus melakukan protokol kesehatan dengan mengisolasi mandiri selama 14 hari dirumah masing-masing,” tambahnya. (bpc3)