Di Pekanbaru Peminat Tinggi, Stok Vaksin Terbatas, Siapa yang Diprioritaskan?

Rabu, 12 Mei 2021 13:03
Di Pekanbaru Peminat Tinggi, Stok Vaksin Terbatas, Siapa yang Diprioritaskan?
Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada calon penerima vaksin, di Gelanggang Remaja, Pekanbaru. (Melba/Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemko Pekanbaru mengklaim sejauh ini minat masyarakat untuk vaksinasi cukup tinggi. Namun karena stok vaksin terbatas membuat seluruh peminat belum terakomodir secara baik.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru M Noer, sejauh ini sudah 78.000 pelayan publik di Pekanbaru ajukan permohonan vaksinasi Covid-19 . “Tapi belum sepenuhnya dapat diakomodir lantaran stok vaksin terbatas,” katanya, Rabu, 12 Mei 2021 di Pekanbaru.

Advertisement

Dia menambahkan, seperti diketahui bersama bahwa proses pendistribusian vaksin dari pemerintah pusat ke daerah dilakukan secara bertahap. Hal ini lah yang membuat permohonan masyarakat untuk divaksinasi belum bisa dilakukan sepenuhnya.

Sedangkan, menurut dia, pemerintah sejauh ini tetap mengarahkan kegiatan vaksinasi pada skala prioritas. Seperti pelayanan publik dan orang lanjut usia atau Lansia.

Baca: Haruskah Cahaya Anggun Kehilangan Matanya Akibat Asap di Riau?

BACA JUGA:  Korupsi Rp1,8 Miliar, Mantan PR IV UIR, Divonis 4 Tahun 8 Bulan

M Noer menyebut, para pedagang, pelayan toko, dan lainnya, termasuk karyawan perusahaan juga termasuk dalam pelayanan publik yang menurutnya perlu diprioritaskan untuk divaksinasi.

Untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 dan mengakomodir warga yang sudah mengajukan diri untuk vaksinasi Covid-19, maka pihaknya juga akan meningkatkan vaksinasi kepada pelayan publik di samping menyasar Lansia.

“Karena kan kalau Lansia juga tidak banyak tinggal di Kota, dan lebih berpotensi pada kaum muda, yang merupakan pelayan publik ini. Maka kita juga gesa kepada vaksinasi pelayan publik di samping tetap melakukan vaksinasi kaum Lansia,” kata M Noer. (bpc2)