Covid-19: Syamsuar Warning Ketersediaan Fasilitas Kesehatan, ‘Perlu Segera Disikapi’

Senin, 31 Agustus 2020 18:32
Covid-19: Syamsuar Warning Ketersediaan Fasilitas Kesehatan, ‘Perlu Segera Disikapi’
Gubernur Riau Syamsuar saat konferensi pers.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar menegaskan kepada setiap kabupaten/kota di Riau agar segera menyikapi segala bentuk kesiapan sarana dan prasarana atau fasilitas kesehatan. Langkah ini perlu segera disikapi sebagai bentuk antisipasi di tengah tingginya angka kasus konfirmasi Covid-19 di Riau.

“Saya sudah sampaikan langsung kepada pemkab/kota agar segera menyikapi setiap persoalan yang berkaitan dengan fasilitas kesehatan, di rumah sakit di daerah masing-masing,” ungkapnya dalam konferensi pers di Gedung Daerah Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Senin, 31 Agustus 2020.

Advertisement

Masing-masing masing kepala daerah, kata Syamsuar telah memberikan respon mereka terhadap penegasan ini, dan diminta untuk segera melakukan pendataan terhadap ketersediaan fasilitas kesehatan tersebut.

Baca: Jubir Covid-19 Riau: Pemko Jangan Aneh-aneh.

Baca: Ketua TP PKK Riau Kembali Bagikan Sembako dan Masker Kepada Masyarakat

Penekanan lain, kata Syamsuar, ketersediaan fasilitas untuk pasien yang akan melakukan isolasi mandiri. “Informasi yang sudah kami terima dari Pemkab/kota bahwa semua daerah kita sudah mempersiapkan. Termasuk, mereka juga menyatakan siap menerima penambahan fasilitas kesehatan,” sambungnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau memperkirakan akan terjadi lonjakan signifikan terhadap kasus konfirmasi Covid-19 di Riau, dimana rata-rata angka perkirakaan konfirmasi di atas 100 kasus per hari. Untuk sementara ini total ruang isolasi yang sudah digunakan sebanyak 400, masih tersisa sekitar 300 lebih, dan perlu segera dilakukan penambahan. (bpc2)