Bupati Inhil: Soal Karantina Wilayah Masih Tunggu Arahan Provinsi

Selasa, 31 Maret 2020 09:19

BERTUAHPOS.COM, INHIL – Pemkab Indragiri hilir (Inhil), Riau masih akan menunggu arahan provinsi terhadap rencana karantina wilayah. Rencana ini memang lebih rumit untuk diberlakukan sebab karantina wilayah harus dilakukan dengan mempertimbangkan banyak aspek.

“Untuk antisipasi karantina wilayah, kami dari Inhil masih menunggu kebijakan Gubernur Syamsuar,” kata Bupati Inhil, HM Wardan, saat video conference bersama Gubernur Riau Syamsuar, Senin, 30 Maret 2020.

Selain soal rencana Karantina Wilayah, Wardan juga mengatakan bahwa Pemkab Inhil telah mempersiapkan anggaran melalui APBD Kabupaten Inhil sebesar Rp101 Miliar. Dana ini bisa dipakai untuk penanggulangan serta penanganan Covid-19 di daerahnya.

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan rencana karantina wilayah di Riau untuk sementara ini belum bisa diberlakukan

Baca: 3.277 Orang di Riau Masuk dalam ODP Corona

“Saat ini Provinsi Riau belum bisa melakukan karantina wilayah, karena kita masih menerima kepulangan warga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang datang dari Malaysia,” kata Gubernur Syamsuar.

Jika karantina wilayah dilaksanakan, dia meminta persiapan matang harus dipikirkan dengan matang,  baik persiapan anggaran maupun persiapan bahan pangan yang cukup saat melakukan karantina.

“Untuk melakukan karantina wilayah ini tentu harus dipersiapkan segala halnya. Jangan sampai terjadi keresahan masyarakat, saat pemerintah daerah yang melakukan karantina wilayah dimana pemerintah ternyata belum siap,” tutur Gubri Syamsuar. (bpc3)