BPBD Sebut Riau Juga Terdampak Siklon Tropis, Warga di Pinggiran Sungai Diminta Selalu Waspada

Minggu, 18 April 2021 20:31
BPBD Sebut Riau Juga Terdampak Siklon Tropis, Warga di Pinggiran Sungai Diminta Selalu Waspada

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU —Warga di Riau yang berdomisili di bantaran sungai diminta untuk selalu waspada akan datangnya banjir. Kewaspadaan warga perlu ditingkatkan mengingat intensitas curah hujan di Riau, beberapa waktu belakangan sudah mulai meninggi.

Peringatan itu disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Provinsi Riau Edy Afrizal, Minggu, 18 April 2021.

Advertisement

Dia mengungkapkan peringatan dini terkait adanya potensi banjir juga sudah disampaikan kepada BPBD 12 kabupaten/kota di Riau. “Potensi bencana tersebut juga akibat adanya bibit siklon tropis,” ungkapnya.

“Surat edaran terkait peningkatan kewaspadaan terhadap siklon tropis sudah kami kirimkan ke pihak BPBD 12 kabupaten/kota. Surat ini juga menindaklanjuti surat edaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).”

Baca: Dibutuhkan Tenaga Kerja untuk Posisi Pemasaran

BACA JUGA:  Pasca Tertimbun Longsor, Jalan Lintas Riau-Sumbar Sudah Bisa Dilalui 2 Jalur

Saksikan Juga:

Dia menambahkan, diantara beberapa daerah di Riau yang dianggap perlu waspada banjir bandang dan tanah longsor yakni di Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, serta Indragiri Hulu. Sebab di daerah ini dilintasi oleh sungai-sungai besar dengan daerah berbukit.

Sedangkan di Pekanbaru, dia mengungkapkan memang ada pula beberapa titik yang dianggap perlu peningkatan kewaspadaan terhadap potensi banjir. Terutama saat intensitas curah hujan tinggi.

Selain itu, daerah yang perlu diwaspadai dampak dari potensi siklon tropis yakni daerah pesisir Riau. “Terutama untuk kegiatan pelayaran karena dikhawatirkan bisa sewaktu-waktu muncul gelombang tinggi,” jelasnya. (bpc2)