Bandara SSK II Pekanbaru Hanya Layani Sekali Penerbangan

Kamis, 06 Mei 2021 15:34
Bandara SSK II Pekanbaru Hanya Layani Sekali Penerbangan
Penerbangan atau pesawat terakhir ke China yang dilayani Bandara Ngurah Rai sebelum penutupan sementara per 5 Februari 2020 – (Foto: kompas.com)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Di hari pertama pemberlakukan larangan mudik, Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II [SSK II] Pekanbaru hanya melayani sekali penerbangan. 

“Untuk bandara hari ini beroperasi. Pada hari ini tanggal 6 Mei 2021 kami melayani 1 kali penerbangan Penumpang Komersial Route CGK-PKU- CGK oleh Garuda Indonesia,” ujar Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Bandara SSK II Pekanbaru Yogi Prasetyo Suwandi, Kamis, 6 Mei 2021.

Advertisement

Dia mengungkapkan, layanan ini tetap diberikan oleh pihak bandara untuk penumpang-penumpang yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan pemerintah. “Aktivitas penerbangan untuk hari ini ada, nanti datanya direkap dulu dan akan disampaikan,” tuturnya.

Kebijakan larangan mudik sesuai dengan ketetapan pemerintah sudah mulai diberlakukan hari ini, Kamis, 6 – 17 Mei 2021. Beberapa tindakan penyekatan sebelumnya telah dilakukan oleh petugas gabungan di lapangan. Sedangkan untuk akses masuk ke Pekanbaru melalui jalur darat, pun sudah ditutup total.

Baca: DKP Riau Sebut Kapal Ilegal Fishing Bendera Malaysia Berisikan Warga Kebangsaan Myanmar

BACA JUGA:  2 Tahun Gubernur Syamsuar, Jikalahari: Lamban Realisasikan Komitmen LHK

Adapun penerbangan yang dikecualikan untuk transportasi udara, yaitu:

  • Penerbangan yang mengangkut pimpinan lembaga tinggi negara RI dan tamu kenegaraan.
  • Penerbangan operasional kedutaan besar, konsulat jenderal, dan konsulat asing, serta perwakilan organisasi internasional di Indonesia.
  • Penerbangan operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriation flight) yang melakukan pemulangan warga negara Indonesia ataupun warga negara asing.
  • Penerbangan operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat.
  • Penerbangan operasional angkutan kargo.
  • Penerbangan operasional angkutan udara perintis.
  • Penerbangan operasional lainnya dengan seizin dari Ditjen Perhubungan Udara.

(bpc2)