Tips Memilih Penyewa Rumah yang Baik

Selasa, 04 Maret 2014 14:14

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Banyaknya pendatang dari berbagai daerah luar Pekanbaru menyebabkan rumah petak atau rumah sewaan masih banyak diminati. Selain lebih menguntungkan secara finansial, status sebagai pendatang juga menjadi alasan penduduk untuk tinggal di rumah sewaan.

Karena hanya cukup membayar sewa per bulan, mereka tidak perlu mengeluarkan biasa lebih untuk perawatan rumah. Inilah yang i terkadang akan menimbulkan kerugian bagi pemilik.

“Pernah ada penyewa yang membawa semua fasilitas seperti lampu dan kabel- kabel ketika pindah, sedikit kesal, yaa.. mau diapakan lagi. Ada juga yang tidak bayar sewa berbulan-bulan, karna kita kasihan kita biarkan. Tapi tiba-tiba pindah tanpa memberi kabar” kata Ahmad, Ketua RT.04/RW.04 Kelurahan Sri Meranti, Rumbai Pesisir yang juga pemilik usaha rumah petak.

Dari sedikit pengalamannya ini, Ahmad memberikan tips memilih penyewa rumah sewaan yang baik :

Baca: Villa Ilhami Asri, Hunian Islami di Tengah Kota


1. Pastikan memiliki KK, KTP atau kartu identitas lain, jika suami istri minta untuk menunjukkan kartu nikah

2. Tanya alasan mereka pindah. Jika direkomendasi, perhatikan betul siapa orang yang merekomendasikan, apakah bisa dipercaya atau tidak

3. Jelaskan secara rinci peraturan tinggal di rumah Anda dan di daerah tersebut, agar mereka tau cara beradaptasi dengan warga tempatan

4. Buat sistem menyewa pasca-bayar, jadi setiap penyewa harus membayar bulan pertama ketika pertama kali masuk, agar jika penyewa tiba2 pindah dipertengahan bulan, si pemilik tidak menderita kerugian.(smr)