Tips Memilih dan Menata Lampu

Sabtu, 14 Juni 2014 15:54

BERTUAHPOS.COM – Lampu menjadi bagian yang penting dalam sebuah rumah. Selain sebagai penerangan, lampu juga bisa menjadi interior menarik dari sebuah rumah. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menata lampu:

1. ”Perlakukan lampu seperti sebuah berlian di rumah Anda,” tutur Judith Balis, desain interior. Jadi, Anda harus pandai memilih lampu yang tepat untuk diletakkan di rumah. Yang pertama harus Anda pikirkan saat memilih lampu adalah, sesuaikan dengan gaya rumah Anda. Apakah modern, klasik, atau vintage.

2. Jika rumah Anda memiliki tampilan modern, pilih lampu yang simpel dan tidak terlalu ramai. Misalnya, di ruang makan yang terdiri atas meja makan dan lemari kecil. Anda bisa meletakkan dua lampu berdiri yang polos. Letakkan di bagian kiri dan kanan lemari tersebut.

3. Sesuaikan besar dan kecilnya lampu dengan ruangan yang akan dipasang lampu. Jangan sampai meletakkan lampu  besar di meja yang kecil. Atau lampunya kekecilan dibanding ruangan yang luas. Lampu yang sesuai ruangan akan membuat ruangan nampak serasi dan pas.

Baca: Kenaikan BI Rate bisa Menaikan Bunga KPR

4. Setelah mendapatkan lampu yang sesuai dengan ruangan, penempatan lampu  juga sangat penting dilakukan. Lampu meja cocok diletakkan di ruang santai atau ruang baca.

5. Hal yang sama berlaku saat menata lampu  di ruangan lain. Padupadankan antara furnitur, lampu, dan fungsinya. Jika ada bagian yang menonjol dari lampu, misalnya warna kuning, padukan dengan sofa warna senada. Maka, ruangan pun tampil elegan.(Tabloidnova)