Rumah Petak Menjamur di Pekanbaru

Senin, 03 Maret 2014 14:49

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Bertambahnya jumlah penduduk setiap tahun di Pekanbaru berdampak pada meningkatnya kebutuhan hunian di wilayah perkotaan. Termasuk kebutuhan akan rumah sewa model petak (rumah petak) di kawasan Boom Baru, kelurahan Sri Meranti, kecamatan Rumbai Pesisir.

 
“Rumah petak sangat dibutuhkan disini, karena penduduk yang datang tidak sesuai dengan jumlah rumah yang bisa disewakan. Akhirnya warga tempatan, sengaja menyewakan rumahnya atau membangun rumah petak di sisa tanah mereka” kata Zul, Ketua RW 04,  kelurahan Sri Meranti, Rumbai Pesisir, Zul kepada bertuahpos.com Senin (03/03/2014).

Berhubung perekonomian warga pendatang ini relatif menengah ke bawah, rumah petak 3×7 meter tidak bisa disewakan dengan tarif mahal. Kira-kira per-bulannya hanya Rp 300 ribu, sedangkan rumah bulatan per bulannya rata-rata hanya Rp 500 ribu.
 
Didukung dengan infrastruktur jalan yang memadai dan fasilitas umum, menjadikan kawasan ini cocok untuk membuka bisnis rumah petak. “Kawasan di sini aman, setiap malamnya ada petugas yang ronda. Petugas kebersihan pun setiap hari berkeliling kampung, juga tersedia sumur bor umum, jadi bagi pendatang tidak perlu khawatir lagi untuk fasilitas-fasilitas kebutuhan sehari-hari” tambahnya. (smr)