Mau Beli Rumah di Riau? Ini Tipsnya

Kamis, 27 Februari 2014 12:28
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ada 2 tipe konsumen dalam membeli properti. Tipe pertama adalah konsumen yang membeli untuk dihuni sendiri, dimana mereka tidak terlalu memperhatikan lokasi.
 
Tipe kedua adalah untuk  berinvestasi. Konsumen jenis ini akan mencari properti yang berada di lokasi strategis sehingga potensial untuk menaikkan harga ketika dijual kembali.
 
Termasuk tipe konsumen seperti apapun Anda, tetap harus jeli ketika membeli properti. Berikut ini tips membeli properti dari developer H. Zulfikri Toguan, SH. MH, pengusaha asal Riau.
 
Ia menyarankan untuk memperhatikan lokasi, spesifikasi yang diinginkan dan memperhatikan waktu pembelian.
 
Sebenarnya untuk faktor lokasi tidak mesti harus strategis karena daerah berkembang seperti Pekanbaru, dengan seiringnya waktu pinggiran kota pun akan sangat berpotensi mengingatkan pembangunan yang kian padat.
 
Berbeda dengan spesifikasi rumah yang dibutuhkan. Rumah tipe 36 tidak akan sebanding dengan tipe diatasnya. Namun ia mengingatkan juga dengan daya beli konsumen. 
 
Saran ke tiga adalah waktu pembelian. “Sudah pasti waktu pembelian properti yang baik tentu saja ketika konsumen mempunyai uang. Jadi jangan sampai berhutang sana-sini untuk membayar DP,” terangnya. 
 
Disamping itu, konsumen harus jeli terhadap promo, biasanya promo penjualan properti tepat di bulan Maret dan Juli, berhubung pertengahan hingga akhir tahun daya beli konsumen akan sedikit berkurang akibat hari-hari besar seperti lebaran. (smr)